Lima Pelajar Asal Malangbong Juara Sadar Hukum

oleh -2 views
Ilustrasi.(republika.co.id)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi.(republika.co.id)
Ilustrasi.(republika.co.id)

TIDAK usah menjadi mahasiswa jurusan hukum untuk mengerti ilmu hukum. Itulah yang menjadi prinsip lima remaja asal Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, yakni Popi Sopiati, Aldy Nurmansyah, Novita Rahayu, Yati Sumiayi, dan Imas Citra Hardiyani.

Kelima remaja ini adalah pelajar SMKN 7 Garut dan menjadi pemenang juara pertama Lomba Pelajar Sadar Hukum Tingkat Kabupaten Garut 2014. Semuanya merupakan pelajar jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, kecuali Aldy yang mengambil jurusan Teknik Gambar Bangunan.

“Memang engga nyambung. Kami semua juga tidak ada yang kepikiran untuk menjadi mahasiswa jurusan hukum nanti. Buat kami, hukum memang harus disadari dan dipatuhi semua warga Indonesia,” kata Imas saat ditemui seusai mengikuti perlombaan tersebut di Gedung Wanita di Jalan Ahmad Yani Garut, Kamis (20/3).

Kata Imas, dengan sadar atau bahkan mengerti hukum, warga Indonesia dapat menjalani kehidupan sesuai aturan hukum. Jika terjadi suatu kejadian atau masalah yang berkaitan dengan hukum, katanya, warga yang sadar hukum akan mudah berusaha memecahkannya melalui jalur hukum.

Dalam perlombaan sadar hukum ini, kata Imas, seluruh peserta dituntut untuk menguasai dasar-dasar ilmu hukum. Tidak hanya menghafalkannya, ilmu-ilmu hukum tersebut dilombakan berupa aplikasinya dalam contoh-contoh kasus kehidupan sehari-hari.

“Kami jadi tahu tentang cara mengatasi masalah jika terjadi kekerasan terhadap anak, kasus narkoba, lalu lintas, atau kasus-kasus persidangan. Hukum itu kan peraturan. Kalau tahu peraturannya, kita bisa menjalani hidup sesuai jalurnya,” kata Popi.

Selain mendapat pengetahuan hukum, melalui lomba ini para peserta yang berhasil meraih juara mendapat hadiah berupa trofi, sertifikat dari Bupati Garut, dan tabungan pendidikan sebesar Rp 6 juta rupiah.(jabar.tribunnews.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.