Lima Kompetensi Wajib Dimiliki Siswa SMK

oleh -5 views
Ilustrasi(pikiran-rakyat.com)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi(pikiran-rakyat.com)
Ilustrasi(pikiran-rakyat.com)

MENGHADAPI kompetisi di dunia kerja yang tidak lagi mudah, para pelajar pun harus dibekali kompetensi yang bisa membuat mereka bersaing. Kompetensi ini utamanya wajib dimiliki siswa SMK yang akan langsung memasuki dunia kerja usai lulus sekolah.

Kasubdit Kurikulum Direktorat Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI, Dr Ir M Bakrun Dahlan menuturkan, ada beberapa kompetensi yang harus dimiliki oleh siswa SMK agar mereka bisa berkompetisi di dunia kerja.

banner 728x90

“Mereka diharapkan memiliki lima elemen kompetensi, yang sesuai dengan kebutuhan pemangku kepentingan, yaitu kebutuhan masyarakat (societal needs), kebutuhan dunia kerja (industrial needs), kebutuhan profesional (professional needs), kebutuhan generasi masa depan (vision), dan kebutuhan ilmu pengetahuan (scientific),” paparnya seperti dinukil dari laman Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sabtu (14/5/2016).

Sementara itu, Ketua Badan Perencanaan dan Pengembangan Kementerian Tenaga Kerja RI (Barenbang Kemenaker RI), Dr. Ir. Sugiarto Sumas, MT menjelaskan, kompetensi tersebut perlu dimiliki karena Indonesia sudah menjadi bagian Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

“Untuk merebut pasar barang dan jasa ASEAN, industri Indonesia harus berkembang dan menyesuaikan tuntutan masyarakat ekonomi ASEAN. Untuk itu, diperlukan tenaga kerja yang sesuai dengan tuntutan industri tersebut,” ujarnya.

Selain itu, Sumas menambahkan, kompetensi yang dimiliki harus bisa disesuaikan dengan Mutual Recognition Arrangement (MRA) dan Schedule of Commitment.

“Dua hal inilah yang berpengaruh besar terhadap mobilitas dan kompetensi pasar kerja terampil di era MEA,” tambahnya.(news.okezone.com)