Kurikulum 2013 Masih Disosialisasikan

oleh -10 views
Ilustrasi Kurikulum 2013
Arrief Ramdhani
Ilustrasi Kurikulum 2013
Ilustrasi Kurikulum 2013

SEBANYAK 550 guru dari 50 SMP dilingkungan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Cianjur mengikuti pelatihan kurikulum 2013 (Kurtilas) yang dilaksanakan di lima Tempat Pelaksanaan Kurikulum (TPK), Rabu, 22 Juni 2016. Dari 50 SMP, masing-masing SMP mengirimkan 11 peserta yakni seorang Kepala Sekolah (Kasek) dan 10 guru.

Kepala Bidang SMP Disdik Kabupaten Cianjur, Rosidin mengatakan, saat ini di Kabupaten Cianjur baru ada sembilan SMP yang menerapkan Kurtilas. Untuk tahun ajaran baru 2016/2017 direncanakan akan bertambah 50 SMP lagi yang sudah menyatakan kesiapannya untuk menerapkan Kurtilas.

“Pelatihan bagi 550 guru ini merupakan salah satu bentuk kesiapan sekolah untuk menerapkan Kurtilas mulai pada tahun ajaran baru 2016/2017. Dilihat persiapan dari 50 sekolah mereka sudah siap menerapkan Kurtilas,” kata Rosidin.

Menurut Rosidin, tujuan dilakukan pelatihan bagi 550 guru SMP itu tidak lain adalah sebagai upaya memberikan pengetahuan dan pengalaman. Ketrampilan bagi guru sekolah sasaran dalam upaya Kurtilas yang akan dilaksanakan pada tahun ajaran 2016/2017.

“Diharapkan para guru yang mengikuti pelatihan bisa meningkat kompetensinya, profesional, pedagogig guru dalam pembelajaran berdasarkan Kurtilas. Meningkatnya ketrampilan guru dalam menyiapkan perangkat pembelajaran sesuai dengan Kurtilas,” katanya.

Selain itu guru yang mengikuti pelatihan diharapkan meningkat ketrampilannya dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. “Salah satu penerapan Kurtilas ini kelebihannya terlihat pda kompetensi prilaku anak didik terutama dalam pengembangan budi pakerti,” ujar dia.

Selain itu dalam Kurtilas, pendidikan agam lebih ditekankan pada aplikasi dan implementasi yang benar-benar untuk membentuk karakter siswa. Siswa dibuat lebih mandiri dan lebih kreatif. “Dalam Kurtilas siswa juga diajarkan untuk lebih menguasai Tekhnologi Informasi dan Komunikasi (TIK),” paparnya.

Disinggung kesiapan sarana dan prasara yang ada di 50 sekolah yang akan menerapkan Kurtilas, Rosidin menjamin semuanya sudah memadai dan memenuhi standar pelaksanaan Kurtilas. “Kedepannya sekolah yang menerapkan Kurtilas ini juga kita siapkan untuk mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), karena sarana dan prasarana lebih siap,” ujar dia.(pikiran-rakyat.com)