Kurikulum 2013, dari Guru hingga Buku Ajar

oleh -1 views
Ilustrasi (bukubsebengkulu.blogspot.com)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi (bukubsebengkulu.blogspot.com)
Ilustrasi (bukubsebengkulu.blogspot.com)

SALAH satu isu yang turut mengemuka dalam raker komisi X dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ialah impelementasi kurikulum 2013. Mayoritas anggota Komisi X mengkritik pendampingan yang diberikan oleh Kemendikbud terhadap para guru terkait implementasi kurikulum ke peserta didik hingga buku ajar.

Anggota Fraksi PDI-P Itet Tridjajati Sumarjianto mengatakan, pendampingan bagi para guru tidak bisa hanya dilakukan sesaat. Dia menilai, perlu ada pendampingan dan pelatihan berkelanjutan terhadap para tenaga pendidik itu.

“Kurikulum 2013 harga mati. Pendampingan jangan hanya saat menjalankan master plan, jangan bersifat sementara. Guru harus diperlakukan VIP, bukan katak dalam tempurung, diberikan kesempatan luas untuk menempuh pendidikan ke luar daerah, bahkan luar negeri,” kata Itet, dalam raker Komisi X dengan Kemendikbud di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (4/3/2014).

Berbeda dengan Itet, Rohmani justru menyoroti buku ajar dalam kurikulum 2013. Dalam kunjungan kerjanya ke Palembang, dia menerima keluhan dari salah seorang guru yang menilai substansi buku Matematika dalam buku ajar kurikulum baru itu salah.

“Hasil kunjungan di Palembang, terkait buku ajar Matematika, ada guru yang menilai secara substansi ada yang salah. Mereka mempertanyakan pusat kurikulum dan buku (puskurbuk),” tutur Rohmani.

Anggota fraksi PKS itu berharap, kehadiran kurikulum baru tidak mengulang kesalahan kurikulum sebelumnya, yakni Kurikulum Tingkat Satuan Pengajar (KTSP). Dalam kurikulum tersebut, lanjutnya, pendampingan para guru oleh pemerintah dalam implementasi kurikulum terbilang minim.

“Jangan mengulang kesalahan KTSP dalam kurikulum 2013. Kesalahan KTSP para tidak didampingi dalam pelaksanaan kurikulum. Di anggaran pelatihan guru masih kecil jadi bisa dioptimalkan lagi,” urainya.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.