Kuota SNMPTN tidak Terpenuhi

oleh -2 views
Arrief Ramdhani

SNMPTN baruu

KUOTA kursi yang disediakan untuk jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2016 tidak terpenuhi. Diketahui hanya terdapat 115.178 calon mahasiswa yang lolos SNMPTN, padahal kuota yang disediakan adalah sebanyak lebih dari 123.000 kursi.

banner 728x90

Ketua Umum Panitia SNMPTN 2016 Rochmat Wahab mengakui, calon mahasiswa yang lolos melalui jalur SNMPTN jumlahnya di bawah kuota yang tidak ditargetkan. “Artinya sekitar 7.900-an tidak terpenuhi,” ungkapnya dalam konferensi pers pengumuman SNMPTN 2016 di gedung Kemenristek Dikti, Jakarta, Senin 9 Mei 2016.

Dia menjelaskan, tidak terpenuhinya kuota tersebut dikarenakan ketatnya seleksi yang dilakukan masing-masing perguruan tinggi untuk jalur SNMPTN. Dia menuturkan, tidak terpenuhinya kuota tersebut juga menjadi indikasi bahwa perguruan tinggi sangat mempertimbangkan mutu dari calon mahasiswa yang mendaftar melalui jalur SNMPTN, yang seleksinya mengandalkan nilai akademik dan juga portofolio.

Dia menjelaskan, kuota sisa yang belum terpenuhi akan dimasukkan ke dalam jalur seleksi lainnya yakni Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Diketahui, persentase kuota SNMPTN tahun ini adalah sebesar 40 persen dari total kursi yang ada di PTN seluruh Indonesia. Kuota ini berkurang 10 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Adapun untuk kuota SBMPTN adalah sebanyak 30 persen, dan Seleksi Mandiri (SM) 30 persen.

Dengan tidak terpenuhinya kuota SNMPTN, otomatis kuota SBMPTN akan bertambah.

Informasi pengumuman kelulusan SNMPTN 2016 dapat dilihat melalui laman resmi https://pengumuman.snmptn.ac.id.(pikiran-rakyat.com)