Kuota Penerima Beasiswa Mahasiswa Miskin Akan Ditambah

oleh -2 views
catatan-harian-fathan.blogspot.com/
Arrief Ramdhani
catatan-harian-fathan.blogspot.com/
catatan-harian-fathan.blogspot.com/

KEMENTERIAN Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) akan menambah jumlah mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi. Beasiswa tersebut dianggap mampu memutus mata rantai kemiskinan agar anak bangsa yang cerdas dapat meraih cita-citanya.

“Penerima beasiswa bidikmisi adalah orang yang cerdas, tetapi kurang beruntung secara ekonomi,” kata Kasubdit Kesejahteraan dan Kewirausahaan Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa) Kemristekdikti, Ismet Yusputra, di Universitas Negeri Semarang (Unnes), belum lama ini.

Dia mengatakan, tahun ini jumlah penerima beasiswa bidikmisi sebanyak 60 ribu orang. Pihaknya berjanji akan menambah jumlah penerima bidikmisi untuk memberi kesempatan warga miskin mendapatkan pendidikan layak. Kendati demikian, dia belum menyebutkan tambahan kuota tersebut.

“Orang-orang terdidik memiliki tanggung jawab untuk mengabdikan ilmunya kepada masyarakat sekitar. Demikian pula mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi Unnes, mereka diharapkan menjadi agen perubahan di daerah masing-masing, terutama yang berkaitan dengan pendidikan,” cetusnya.

Ketua Panitia Jambore Bidikmisi Unnes 2016, Parmin, menyampaikan tahun ini kampusnya mendapatkan kuota penerima Bidikmisi sebanyak 1.420 mahasiswa. Mereka ikut serta dalam jambore yang digelar selama dua hari di Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang.

“Total peserta jambore tahun ini ada 7.420 mahasiswa. Jambore Bidikmisi ini merupakan satu-satunya yang digelar di Tanah Air. Tujuannya untuk mengakrabkan antar-peserta dan menambah motivasi mereka untuk terus berprestasi,” ujarnya.(okezone.com)