Kukuhkan Guru Besar Terbanyak, UIN Sunan Gunung Djati Catatkan Rekor

oleh -11 views

Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung mengukuhkan 13 Guru Besar sekaligus. Capaian akademik ini tercatat dalam Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) sebagai pengukuhan Guru Besar terbanyak di lingkungan Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Seremonial pengukuhan berlangsung Rabu (25/11) dalam sidang senat terbuka di Gedung Aula Anwar Musaddad, UIN SGD, Kota Bandung. Direktur Jenderal Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani menjelaskan, capaian seorang guru besar atau professor bukan hanya karena usaha keras yang ulet atau sekedar rajin belajar, tetapi muara dari semua itu adalah kebijaksanaan.

PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

“Seorang professor atau guru besar, harus sadar bahwa ucapannya akan menjadi ilmu dan tindakannya selalu menjadi teladan,” terang M. Ali Ramdhani.

Dhani berpesan, para guru besar tidak puas dengan gelar keilmuan, sehingga berhenti belajar. Menurut Doktor lulusan ITB Bandung ini, berhenti belajar merupakan kematian hakiki dari seorang guru besar.

“Mari kita terus belajar, terus menggali ilmu. Dan belajarlah pada satu ilmu yang bernama kebaikan. Sebab ilmu yang bernama kebaikan adalah satu-satunya ilmu yang tak pernah usang,” harap Dhani.

Dhani menilai, capaian yang ditorehkan UIN Bandung sebagai ledakan komunitas intelektual secara nasional. Capaian ini berada dalam posisi dan menandakan bahwa proses pengembangan sumber daya manusia (SDM) di UIN Bandung sudah berjalan sangat baik.

“Capaian ini berada pada level yang sangat baik,” tukas Dirjen. Apalagi, selain 13 Professor ini, masih ada 11 calon Guru Besar yang sudah menunggu untuk dikukuhkan.

Dirjen berharap, capaian UIN Bandung ini menjadi motivasi dan inspirasi PTKI lainnya di Indonesia. “Mudah-mudahan menjadi motivasi untuk PTKI di Indonesia dari apa yang telah di lakukan UIN Bandung ini,” kata Dhani.

Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung Mahmud menuturkan, kehadiran 13 Guru Besar akan menjadi tonggak dalam memajukan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. “Hari ini, kita bersyukur atas anugerah lahirnya 13 Guru Besar yang akan menguatkan UIN Sunan Gunung Djati. Ke-13 Guru besar ini tidak hanya hebat dalam bidang keilmuan saja, tetapi harus hebat dalam sector yang lain,” turur Mahmud.

Rektor berharap, para guru besar ini tidak hanya memililki keilmuan yang mumpuni, tetapi juga kearifan yang luas. “Guru Besar di PTKIN di samping sebagai ilmuan, juga harus arif. Sehingga akan dapat memberikan solusi terhadap persoalan-persoalan di sekitar kita,” tuturnya.

“Mari lanjutkan pengembangan keilmuan dan kuatkan kearifan yang ada pada diri. Sehingga kehadiran guru besar akan mencari pemecah masalah, bukan menambah masalah,” tandasnya. (kemenag)