KPK Didesak Tindaklanjuti Laporan Dugaan Korupsi UN

oleh -3 views
(blokbojonegoro.com)
Arrief Ramdhani
(blokbojonegoro.com)
(blokbojonegoro.com)

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) didesak segera menindaklanjuti hasil investigasi Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) soal dugaan korupsi dana program pendidikan dan kebudayaan.
Pengamat pendidikan Darmaningtyas pun mendorong KPK agar menelusuri temuan Itjen Kemendikbud untuk mengusut kasus dugaan korupsi  dana Ujian Nasional (UN) 2013.

“Kalau ada korupsi harus di-follow up, terutama UN. Kalau misalnya benar ada korupsi harus didorong, terlepas nanti dalam penyelidikan itu ada korupsi atau tidak,” kata Darmaningtyas, saat dihubungi wartawan, Kamis (30/5/2013) malam.

Menurutnya, laporan hasil investigasi Itjen Kemendikbud tidak boleh serta merta dipeties-kan. “Itu yang harus ditindak ya KPK. Kalau didiamkan akan merusak dunia pendidikan,” tegas dia.

Sekadar diketahui, Inspektorat Jenderal Kemendikbud sebelumnya sudah memberikan rekomendasi perihal investigasi kekacauan UN. Irjen Kemendikbud Haryono Umar mengatakan, hasil investigasi itu berisi tentang fakta-fakta lapangan yang sudah terekam oleh publik.

Ia mengaku kecewa dengan pelaksanaan UN yang terkesan amburadul. Pasalnya, sejak jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan tender UN dirinya telah menyurati panitia agar berhati-hati. “Termasuk mengingatkan jangan sampai ada korupsi. Jangan sampai spesifikasi kertas LJK dikurangi, harus seratus gram,” ungkap Haryono.

Hal lain yang ditemukan Itjen Kemendikbud ialah dugaan korupsi proyek event organizer di Direktorat Jenderal Kebudayaan yang nilainya ditaksir mencapai Rp700 miliar. Mendikbud Muhammad Nuh sebelumnya telah menyampaikan temuan Itjen itu kepada KPK.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.