Kota Fort Worth Texas AS Jajaki Kerja Sama dengan Unpad

oleh -2 views
unpad.ac.id
Arrief Ramdhani
unpad.ac.id
unpad.ac.id

UNPAD menerima 4 orang delegasi dari Kota Fort Worth, Texas, Amerika Serikat, Jumat (14/06) di Ruang Executive Lounge, Kampus Unpad Bandung. Delegasi diterima oleh Direktur Kerjasama Unpad, dr. Ramdan Panigoro, Ph.D., dan Kepala Kantor Urusan Internasional Unpad, Anne Nurbaity, Ph.D.

Kunjungan delegasi ke Unpad tersebut terkait dengan program kunjungannya ke Kota Bandung. Fort Worth telah menjadi sister city dengan Bandung sejak tahun 1990. “Kedatangan kami ke Unpad ini untuk mencari kemungkinan dilakukannya kerja sama antara Unpad dengan Forth Worth,” ujar Ketua Dewan Sister City Kota Forth Worth, Ann Rice.

Delegasi pun kemudian diberi presentasi seputar Unpad oleh Anne Nurbaity. Kunjungan yang juga dihadiri oleh perwakilan dosen dari berbagai fakultas di Unpad juga diisi oleh diskusi mengenai kemungkinan-kemungkinan penjajakan kerjasama, seperti joint research atau joint degree.

Menanggapi hal tersebut, delegasi pun memberikan peluang kerjasama, khususnya dalam bidang akademik. Di Fort Worth sendiri, ada universitas yang bisa dilakukan kerja sama dengan Unpad, yaitu Texas Christian University.

Pat Miller, salah seorang delegasi yang juga council di TCU mengungkapkan, ada peluang kerja sama yang bisa dilakukan dengan Unpad, seperti student exchange, staff exchange, joint degree, dan joint research.

Ditemui di sela-sela kunjungan, Ann pun menjelaskan, sebagai sister city Bandung dan Fort Worth memiliki banyak peluang untuk mempererat kerjasama. Hal ini dibuktikan dengan kunjungannya ke Pemkot Bandung pada Kamis (13/06) lalu yang lebih berkonsentrasi pada pemahaman mengenai kondisi pendidikan, budaya, dan rumah sakit di Kota Bandung.

“Dalam bidang pendidikan, Bandung dengan Fort Worth sendiri sudah sering melakukan pertukaran pelajar,” ujarnya.

Ann pun berharap, pembahasan mengenai peluang kerjasama antara TCU dengan Unpad tersebut akan segera direalisasikan. “Kita harapkan kerja sama tersebut akan segera dilakukan untuk mendukung aktivitas akademik di TCU dan Unpad sendiri,” pungkasnya.(unpad.ac.id)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.