Kota Bogor Kekurangan Kepala Sekolah Dasar

oleh -2 views
kemdikbud.go.id
Arrief Ramdhani

 

 

banner 728x90
kemdikbud.go.id
kemdikbud.go.id

KOTA bogor kekurangan tenaga kepala sekolah tingkat sd. Dari jumlah 293 sd yang ada di kota bogor, sebanyak 190 sekolah tidak memiliki kepala sekolah. Kondisi ini menyebabkan banyak kepala sekolah sd yang merangkap jabatan.
“Untuk guru SD saja kita masih kekurangan sekitar 400 tenaga pengajar. Sedangkan untuk kepala sekolah kita masih kekurangan 190 orang. Tak heran masih banyak kepala sekolah yang memegang jabatan di dua sekolah,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor, Edgar Suratman, Rabu (14/1/2015).

Saat ini langkah yang dilakukan Disdik adalah melakukan uji kompetensi terhadap para pengajar yang memiliki potensi menjadi kepala sekolah. Uji kelayakan dan tes kompetensi diberikan untuk mencari kepala sekolah berkualitas.

Dia mengakui kesulitan mencetak kepala sekolah baru di tingkat SD. Padahal, kata Edgar, untuk jabatan serupa di tingkat SMP dan SMA justru berlebuh.

“Namun kita masih berusaha memenuhi tingkat kebutuhannya. Mudah-mudahan 2016 nanti sudah kebutuhan kepala SD bisa terpenuhi,” jelas Edgar.

Kurangnya tenaga kepala SD ini disiasati dengan memberikan tugas tambahan kepada kepala sekolah lain. Menurutnya, satu kepala sekolah diberi beban memimpin dua SD yang berdekatan.

“Selain melakukan merger sekolah, kita antisipasi kekurangan kepsek ini dengan memberikan tugas tambahan kepada mereka,” ujarnya.(inilahkoran.com)