Komunikasi Unpad Jadi Primadona Peserta SNMPTN 2014

oleh -2 views
Universitas Padjadjaran (okezone.com)
Arrief Ramdhani
Universitas Padjadjaran.(okezone.com)
Universitas Padjadjaran.(okezone.com)

TAHUN ini, Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung dinobatkan sebagai perguruan tinggi negeri (PTN) dengan peminat terbanyak dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Unpad bahkan bisa mengungguli Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta yang menempati peringkat dua.  

“Terkait hasil SNMPTN 2014 yang telah diumumkan beberapa waktu lalu, Unpad diminat oleh 73.789 pendaftar. Hal ini menunjukkan Unpad merupakan PTN dengan jumlah peminat paling banyak di SNMPTN 2014, dengan UGM berada di posisi kedua (62.875 pendaftar) dan Universitas Sumatera Utara (USU) di posisi ketiga (60.308 pendaftar),” ujar Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan Unpad Engkus Kuswarno, seperti disitat dari situs Unpad, Senin (2/6/2014).

Dari hampir 74 ribu pendaftar, Unpad hanya menerima sebanyak 2.696 calon mahasiswa baru yang tersebar di 45 program studi (prodi). Engkus menyebut, Ilmu Komunikasi Unpad menjadi primadona para peserta dalam memilih jurusan.

“Prodi yang paling banyak diminati pendaftar SNMPTN untuk kelompok Soshum adalah Ilmu Komunikasi dengan 6.357 peminat. Untuk kelompok Saintek adalah prodi Farmasi dengan jumlah peminat 3.620 pendaftar,” paparnya.

Prodi dengan banyak peminat tersebut ternyata bukan prodi dengan tingkat kesulitan masuk tertinggi. Menurut Engkus, prodi dengan tingkat keketatan tertinggi ialah Manajemen.

“Berdasarkan tingkat ketetatan, yakni perbandingan antara jumlah peminat dibanding kuota, prodi Manajemen berada di urutan pertama untuk kelompok Soshum dengan tingkat keketatan 1:131. Untuk kelompok Saintek, prodi dengan tingkat ketetatan  tertinggi adalah Teknik Informatika dengan perbandingan 1:74,” urai Engkus.

Sementara untuk program Bidik Misi, tahun ini Unpad menerima 628 calon mahasiswa baru penerima Bidikmisi dari jalur SNMPTN. Jumlah ini akan bertambah dari calon mahasiswa baru yang terjaring SBMPTN.

“Program Bidik Misi Unpad sudah dijalankan sejak 2010. Pada tahun pertama, Unpad menerima 500 mahasiswa penerima Bidik Misi. Angka ini terus bertambah setiap tahunnya, yakni sebanyak 700 mahasiswa di tahun kedua, dan 1.310 mahasiswa di tahun ketiga,” ungkapnya.

Engkus menambahkan, tahun ini, Unpad kembali melanjutkan Program “Unpad Nyaah ka Jabar.” Program yang sudah berjalan selama tiga tahun itu merupakan bagian dari upaya Unpad untuk memberikan kesempatan kepada putra-putri di Jawa Barat untuk mengecap pendidikan tinggi di Unpad.

“Mahasiswa yang terjaring melalui program ini berasal dari 27 Kabupaten/Kota di Jawa Barat. Program “Unpad Nyaah ka Jabar” telah berhasil memberikan pemerataan kesempatan Jawa Barat untuk mendapatkan pendidikan tinggi,” tutup Engkus.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.