Kompetensi Guru TK Purwakarta Tak Diragukan

oleh -42 views
Ketua IGTKI Purwakarta Hj. Junizar
Arrief Ramdhani
Ketua IGTKI Purwakarta Hj. Junizar
Ketua IGTKI Purwakarta Hj. Junizar

IKATAN Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Kabupaten Purwakarta secara rutin menggelar pelatihan bagi para guru TK. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi guru yang bertugas di kabupaten tersebut. Secara umum, guru TK di Purwakarta sudah memiliki kompetensi yang mumpuni. Kendati begitu, ada baiknya jika kompetensi terus ditingkatkan.

Hal tersebut diungkapkan Ketua IGTKI Purwakarta Hj. Junizar saat ditemui Siap Belajar di ruang kerjanya, Kamis 9 Oktober lalu. Junizar mengungkapkan, saat ini lebih dari 60 persen guru TK di Purwakarta berlatar pendidikan S1. “Jadi, soal kompetensi, saya kira tak perlu diragukan,” ujarnya.

Diakui Junizar, jenjang pendidikan TK memang agak berbeda dengan jenjang pendidikan lainnya. “Kita tak mendapat bantuan, makanya kita sudah terbiasa mandiri. Termasuk dalam kegiatan pelatihan untuk meningkatkan kualitas guru,” ujar Junizar yang juga tercatat sebagai Kepala Sekolah TK Pembina ini.

Saat ini IGTKI Purwakarta tengah gencar mengikuti isu krusial soal akan diluncurkannya Kurikulum 13 yang biasa disingkat Kurtilas. Kurikulum ini merupakan kurikulum pengganti Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Sebenarnya, kata Junizar, kendati belum diluncurkan, pada umumnya TK sudah mengaplikasikan Kurtilas. “Jadi kita tidak kaget, karena selama ini sudah menerapkannya,” kata Junizar yang terpilih sebagai IGTK Purwakarta selama dua periode ini.

Ditambahkan Junizar, saat ini terdapat 120 TK yang berada di bawah naungan IGTK. Dari TK sejumlah itu, tercatat ada sekitar 500 guru yang aktif dalam kegiatan IGTKI. “Jujur saja, masih ada sejumlah guru TK yang aktif hanya jika hendak menerima dana intensif,” seloroh perempuan yang juga tercatat sebagai Bendahara PGRI Purwakarta ini.

Mewakili Purwakarta dan Jawa Barat, pada 10-14 Oktober ini Junizar bertolak ke Semarang untuk menghadiri Konferensi Kerja Nasional (Konkernas) IGTKI ke-2. (tbs/Siapbelajar Purwakarta)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.