KNIU Kemdikbud dan Face To Faith Tony Blair Foundation Selenggarakan Pelatihan Guru

oleh -3 views
kemdiknas.go.id
Arrief Ramdhani
kemdiknas.go.id
kemdiknas.go.id

KOMISI Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan Face To Faith Tony Blair Foundation menyelenggarakan pelatihan pendidikan karakter. Pelatihan ini bernama National Training Workshop On Learning To Live Together Among Different Culture and Religions Through Understanding And Practicing Universal Values.

Sebanyak 22 guru dari 18 daerah akan dilatih dalam pelatihan tersebut. Ke-18 daerah tersebut adalah Bogor, Bandung, Bali, Bojonegoro, Jakarta, Malang, Medan, Makassar, Mataram, Magelang, Ngawi, Padang, Pamekasan, Pekanbaru, Palangkaraya, Pontianak, Tarakan, dan Yogyakarta. Pelatihan akan berlangsung selama empat hari, yaitu 22-25 Mei 2013.

Saat membuka acara, Ketua Harian KNIU Arief Rachman menyampaikan terdapat beberapa nilai pendidikan karakter yang akan dilatih kepada para guru. Nilai-nilai itu adalah kejujuran, saling menghormati, saling mengerti, peduli, semangat untuk mengembangkan HAM, dan tanggung jawab. Selain itu, terdapat juga nilai solidaritas, inklusi sosial (menciptakan keadaan sosial tanpa diskriminasi tertentu), toleransi, dan penerimaan diri terhadap perbedaan.

“Di sini nanti guru kita latih secara teknis juga untuk bertanya, berdiskusi, mengembangkan kata kunci yang bersifat positif untuk membina siswa,” jelas Arief.

Arief menerangkan, para siswa seringkali menanggapi sesuatu dengan asosiasi negatif. “Ketika mereka berpacaran, kenapa asosiasinya selalu aku cinta kamu. Lebih baik kita ganti asosiasinya dengan aku percaya kamu,” tutur Arief. Harapannya, asosiasi positif dapat mengajarkan nilai-nilai karakter yang baik seperti tanggung jawab pada tindakan.

Di kesempatan yang sama, Ketua UNESCO untuk Indonesia, Anwar Al Said, menyampaikan harapannya agar para guru dapat saling berbagi ilmu mengenai penerapan nilai-nilai itu dengan guru lain, dan lingkungan sekolah. (kemdiknas.go.id)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.