KIP Akan Diberikan ke 18 Juta Anak

Monday 10 November 2014 , 11:55 AM
Ilustrasi (riaureportase.com)

Ilustrasi (riaureportase.com)

KARTU Indonesia Pintar (KIP) akan diberikan kepada 18 juta anak tidak mampu. Program ini menyasar anak Indonesia yang berada di sekolah maupun di luar institusi pendidikan formal.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengungkapkan, KIP merupakan bagian dari program bantuan sosial (bansos) pemerintah. Penerima KIP akan ditentukan melalui data yang dimiliki Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan kementerian lainnya.

“Berdasarkan data Kemendikbud jumlah penerima bansos yang ada saat ini 12,8 juta orang, sedangkan proyeksi data penerima KIP adalah 18 juta orang” ujar Anies, seperti disitat dari laman Kemendikbud, Minggu (9/11/2014).

Anies mengimbuhkan, di masa mendatang, calon penerima KIP akan bertambah. Sebab, pihaknya akan selalu melengkapi data yang sudah ada.

“Untuk mengakomodasi kebutuhan data yang valid, pemerintah akan membangun basis data komprehensif. Jika datanya lengkap, melayani masyarakatnya jadi lebih enak,” imbuhnya.

Seperti diketahui, KIP menyasar anak Indonesia dari kalangan tidak mampu, baik yang sedang menempuh studi maupun mereka yang tidak bersekolah. KIP diharapkan dapat juga menjangkau anak-anak jalanan, anak-anak di yayasan yatim piatu maupun anak-anak yang berada di sekolah yang tidak tercatat di kementerian.(kampus.okezone.com)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.