Ketua Litbang Yayasan Pendidikan Al Ma’soem Buat Kumpulan Tryout

Sunday 24 August 2014 , 6:01 AM
Ketua Litbang Yayasan Pendidikan Al Ma'soem Buat Kumpulan Tryout.(pikiran-rakyat.com)

Ketua Litbang Yayasan Pendidikan Al Ma’soem Buat Kumpulan Tryout.(pikiran-rakyat.com)

BERKACA dari keprihatinan kesulitan siswa dalam mengakses soal-soal Ujian Nasional (UN), Ketua Penelitian dan Pengembangan Yayasan Pendidikan Al Ma’soem, Tonton Taufik Rahman (41), membuat fasilitas uji coba UN melalui internet. Bahkan, Tonton juga memasukkan soal-soal ujian calon pegawai negeri sipil (CPNS), STAN, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Polri/TNI.

“Saya juga menyediakan fasilitas tes kemampuan Bahasa Inggris TOEFL dengan biaya sendiri dan tes masuk ke BUMN. Saya namakan program ini tryout.id,” kata Tonton di sela-sela peluncuran laman situsnya itu di Ruang Seminar Al Ma’soem Jln. Raya Rancaekek, Sabtu (23/8/2014).

Lebih jauh Tonton mengatakan, dirinya sering melihat para siswa berlatih UN maupun bank soal dengan menggunakan kertas sehingga tidak praktis. “Para siswa membuat soal di sebuah kertas yang di sebaliknya ada jawaban soal. Tentu saja cara seperti ini tidak praktis dan memakan biaya besar,” katanya.

Belum lagi dengan keperluan untuk masuk PTN dan perguruan tinggi kedinasan bahkan tes CPNS yang harus membeli buku. “Tentu kemampuan muat buku terbatas, sedangkan kalau di internet tidak terbatas,” katanya.

Dalam tryout.id, Tonton memasukkan bank soal akhir semester dan bank soal SD/MI sampai SMA/MA/SMK dari tahun 2001 sampai 2013. “Kalau tes masuk STAN dari 2001 sampai 2013. Demikian pula dengan SBMPTN dan perguruan tinggi kedinasan di seluruh Indonesia,” katanya.

Sedangkan tes CPNS, Tonton memuat 1.960 soal sehingga masyarakat bisa mudah belajar. “Saya membuat program ini selama empat bulan dibantu 12 orang staf. Sedangkan biaya pembuatan sampai Rp 18 juta,” katanya.

Menurut Tonton, siswa maupun masyarakat yang melihat tryout.id setiap hari bisa mencapai 1.000 orang. “Mereka bisa mengerjakan soal ujicoba sebanyak lima soal, sedangkan kalau mau masuk menjadi anggota perlu membayar dengan tarif murah meriah,” ucapnya.

Bahkan, khusus para siswa, guru, dan karyawan Al Ma’soem bisa mengakses tryout.id tanpa dipungut biaya. “Kami hanya ingin membuat program yang membantu para siswa dan masyarakat luas sehingga keinginan lulus UN, SBMPTN, perguruan tinggi kedinasan, bahkan CPNS bisa terwujud,” kata Tonton, lulusan Teknik Sipil Unpar dan magister ITB.(pikiran-rakyat.com)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.