Kerjakan UN dengan Jujur Ya…

oleh -2 views
Ilustrasi (lensaindonesia.com)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi (lensaindonesia.com)
Ilustrasi (lensaindonesia.com)

KEJUJURAN merupakan karakter yang harus dibangun sejak dini. Mulai dari hal-hal sederhana termasuk dalam pelaksanaan Ujian Nasional (UN) yang akan dialami oleh para pelajar tingkat SD hingga SMA.
Oleh karena itu, Profesor bidang Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Semarang (Unnes) Tri Joko Raharjo yang tergabung dalam program Program Profesor dan Doktor Go to School menekankan pentingnya kejujuran saat melaksanakan UN. Pesan itu berlaku tidak hanya bagi siswa tapi juga guru dan kepala sekolah.

“Hilang harta bisa cari ganti. Tapi jika sekolah kehilangan karakter, maka hancurlah bangsa ini. Kejujuran adalah salah satu hal terpenting yang harus dimiliki oleh setiap individu,” ujar Tri Joko, seperti dikutip dari laman Unnes, Kamis (10/4/2014).

Tri Joko mengatakan, program profesor dan doktor Unnes mengajar ke sekolah ini sudah dilaksanakan pada awal tahun ajaran 2013/2014 di sejumlah wilayah di Jawa Tengah, yakni di Kabupaten Kendal, Kabupaten Demak, dan Kota dan Kabupaten Semarang.

“Tahun ini jangkauannya diperluas mencakup 35 kabupaten dan kota se-Jawa Tengah. Selain mengajar di sekolah dan mengawal Kurikulum 2013, program ini juga mendampingi pelaksanaan UN jenjang SMA/sederajat dan SMP/sederajat,” tuturnya.

Sementara itu, Koordinator Pelaksana UN Sutikno yang turut hadir dalam kegiatan tersebut juga mengimbau agar para peserta UN selalu teliti dalam membaca petunjuk maupun saat mengerjakan soal. Tidak lupa, lanjutnya, untuk selalu mengecek kelengkapan soal.

“Dalam mengerjakan UN, sebisa mungkin peserta ujian nasional tidak dirugikan. Misalnya, sebelum mengerjakan soal, peserta diharapkan meneliti dahulu mulai halaman pertama sampai akhir apakan soal itu rusak atau tidak,” tutup Sutikno.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.