Kepemimpinan Jadi SkillWajib bagi Kepala Sekolah

oleh -40 views
Ilustrasi (sditizzis.blogspot.com)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi (sditizzis.blogspot.com)
Ilustrasi (sditizzis.blogspot.com)

MENJADI kepala sekolah bukan perkara mudah. Karena selain harus memimpin sekolah, kemampuan dalam memimpin yang baik juga harus dimiliki.

“Kepala sekolah itu harus punya leadership, saya percaya setiap pendidik adalah pemimpin. Karena dia berdiri di hadapan siswanya, dia akan mentransfer ilmu ke anak didiknya. Nah, tinggal levelnya adalah anak sekolah, jadi yang penting adalah kepemimpinannya,” ungkap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan, di Pusbangtendik Kemendikbud, Sawangan, Depok, Jawa Barat, Selasa (31/3/2015).

banner 728x90

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sendiri juga sudah membuat perencana akan memberikan porsi yang lebih besar lagi bagi kepala sekolah dan guru di Indonesia. Lagi-lagi pihaknya kembali pada pelaku sebagai fokus utamanya.

“Ke depannya, kami akan memberikan pelatihan kepada kepala sekolah dan guru, yakni Pengembangan Pelatihan Kepala Sekolah (PPKS),” ujarnya.

Cara lain untuk bisa menciptakan kepala sekolah yang baik, sehingga bisa menjadikan sekolah yang dipimpinnya memiliki integritas adalah dengan melakukan index integrity.

“Nanti ada index integritas. Kami lebih menghargai sekolah-sekolah yang mengutamakan kejujuran,” tambahnya. (news.okezone.com)