Kenalkan Teknik Pembuatan Film Pada Siswa Sejak Dini

oleh -2 views
Ilustrasi. (Foto: Straits Times)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi. (Foto: Straits Times)
Ilustrasi. (Foto: Straits Times)

DUNIA perfilman Indonesia saat ini semakin berkembang. Hanya di Kabu­paten Ciamis, peminat dunia perfilman masih terbilang sedikit. Hal tersebut karena kurangnya sarana dan prasarana penunjang pendidikan perfilman di Kab Ciamis. Tidak menutup kemungkinan banyak bakat-bakat terpendam di kalangan pelajar di Kabupaten Ciamis, dalam mempelajari proses pembuatan film.

Maka dari itu Dinas Pen­didikan dan Kebudayaan Kab Ciamis, menyelenggarakan ke­giatan “Worksop Film Pe­lajar SMA/SMK” di Gor Ayoe Ju­mat-Sabtu (28-29/11/2014). Kegiatan tersebut diikuti oleh 156 peserta dari SMA/SMK se-Kab Ciamis.

banner 728x90

Kepala Seksi Pem­binaan Ke­senian dan Per­filman Dik­bud Kab Ciamis, H Dedi Unay Kus­mana mengatakan saat ini jarang pelajar yang mendalami dunia pem­buatan film. Padahal dunia perfilman cu­kup menjanjikan. Maka dari itu, Ia meng­aku sangat mendukung jika ba­nyak kalangan dari dunia perfilman bisa memberikan pelajaran bagai­mana membuat sebuah film. “Ini hanya pelatihan pembuatan film dasar saja, minimal mereka tahu teknik-teknik da­lam membuat sebuah film,” ujarnya Sabtu (29/11/2014) saat penutupan kegiatan.

Tujuan workshop film pelajar ini untuk menyosialisasikan kepada pelajar tentang cara pembuatan film, ba­gai­mana cara dan trik meng­ambil gambar, lalu mempraktekannya lewat pembuatan film pen­dek.
Dia mengimbau kepada se­kolah umum agar memasukan ektra kulikuler (ekskul) film di sekolah terutama SMA.

Nara sumber worksop film Hermawan menyatakan pihaknya memberikan materi dasar dalam pembuatan film. Namun dia mengaku memberikan materi praktek sedangkan materinya hanya disisipkan.
“Kita ajarkan bagaimana cara mengoperasikan kamera, ba­gai­mana cara menyutra­da­rai, mengarahkan pemain dan mengukur jarak pandang,” ujar praktisi perfilman dari Unpad tersebut.(kabar-priangan.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.