Kemendikbud Turut Bantu Susun Soal CPNS 2019

Tuesday 14 January 2020 , 7:45 AM

Kementerian PANRB menggelar simulasi CAT untuk tes CPNS di UPI, Bandung. (Foto: dok. Kementerian PANRB)

KEMENTERIAN  Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali dipecaya untuk menyusun soal seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Soal yang disusun Kemendikbud mencakup seleksi kompetensi dasar (SKD).

Penyusunan soal SKD ini melibatkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Kemendikbud pun mengajak para koordinator penyusunan soal CPNS tahun 2018.

Koordinator penyusunan tersebut terdiri dari dosen-dosen yang berkompeten dari perguruan tinggi, serta ahli konstruksi soal dari Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyerahkan naskah doal SKD CPNS tahun 2019 kepada Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Pengadaan CPNS Tahun 2019.

Kepala BKN, Bima Haria Wibisana, turut hadir pada acara serah terima soal SKD CPNS 2019 yang berlangsung di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Senin 13 Januari 2020.

Nadiem juga mengaku saat penyusunan soal SKD tahun 2019 dilaksanakan melauli berbagai tahapan dengan melibatkan beberapa pihak.

Hal ini dilakukan karena seleksi ini merupakan salah satu instrumen penting dalam menjaring calon calon Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Selanjutnya untuk memastikan bahwa soal yang telah disusun sesuai dengan kaidah penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Telah dilakukan telaah bahasa oleh para ahli bahasa dari Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan,” ujar Nadiem sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dalam situs resmi Kemendikbud.

Ia juga berterimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu Kemendikbud dalam menyusun soal soal.

Mendikbud menyerahkan Soal SKD CPNS 2019 kepada Panselnas, yaitu Menteri PAN dan RB selaku Ketua Tim Pengarah Panselnas.

Agar selanjutnya soal soal tersebut dapat dihunakan untuk Seleksi Pengadaan CPNS di lingkungan Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah.(pikiran-rakyat.com)

Comments are closed.