Kemendikbud Segera Kucurkan BOS Untuk PAUD

oleh -15 views
Ilustrasi Dana Bos
Arrief Ramdhani
Ilustrasi Dana Bos
Ilustrasi Dana Bos

KEMENTERIAN Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan memberikan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang akan diberikan kepada lembaga penyelenggara PAUD disetiap daerah. Saat ini, lembaga PAUD sendiri berjumlah 209 ribu lembaga di seluruh Indonesia.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, pemberian bantuan operasional ini akan dirancang untuk penerimanya. Pasalnya saat ini dana bantuan BOS diberikan kepada setiap satu siswa SD, SMP dan SMA.

“Itu harus dirancang, kalau SD, SMP, SMA dapat BOS yang diberikan ke setiap siswa, maka kalau di PAUD diberikan operasionalnya kepada setiap siswa administrasinya itu agak repot, maka kita rancang bantuannya basisnya ke lembaga,” ujar M.Nuh pada wartawan usai membuka acara lomba apresiasi pendidik dan tenaga kependidikan di Stadion Siliwangi, Bandung, Minggu (10/8).

Lebih lanjut, M.Nuh mengatakan saat ini program pemberian bantuan operasional tersebut sudah dilaksanakan namun jumlahnya masih terbatas dan belum menyeluruh diterima oleh seluruh lembaga PAUD di Indonesia.

“Jumlahnya masih terbatas, jadi didorong kedepan jumlahnya diperluas cakupannya, sehingga syarat terpenuhinya  mesti diperbaiki yaitu mengenai status kelembagaannya, ditambah dengan jumlah satuannya diperluas,” katanya.

Lebih lanjut, M. Nuh mengatakan kedepannya setiap lembaga ini akan diberikan dana bantuan operasional senilai Rp 5 juta untuk satu lembaga PAUD pertahunnya.

“Kalau sekarang 2 hingga 3 juta pertahun untuk lembaga, tapi nanti kita dorong hingga 5 juta pertahun, maka dari situ operasionalnya akan lebih baik,” ujar Nuh.

Sementara itu, M Nuh menilai minat anak untuk mengikuti lembaga pendidikan PAUD akhir – akhir ini meningkat. Menurutnya, lembaga pendidikan PAUD ini sangat penting diberikan pada anak usia 1 sampai 3 tahun.

“PAUD ini mempersiapkan pembentukan karakter dari anak – anak kita, kalau pendidikan dasar itu sebagai fondasi, maka PAUD itu tidak lain adalah fondasinya,” katanya.

Selain itu, menurut M. Nuh, kemajuan suatu bangsa tergantung kepada SDM nya, sehingga kualitas SDM ditentukan dengan kualitas pendidikannya. “Semuanya juga tahu bahwa kualitas pendidikan itu sangat ditentukan oleh pendidikan anak usia dini, oleh karena itu PAUD memiliki peran khusus didalam mempersiapkan SDM Indonesia,” katanya.(jabar.tribunews.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.