Kemendikbud Berikan Penghargaan Guru Berprestasi dan Berdedikasi

oleh -5 views
Kemdikbud
Arrief Ramdhani

Kemdikbud
Kemdikbud

KEMENTRIAN Pendidikan dan Kebudayaan memberikan penghargaan pada guru berprestasi dan berdedikasi. Sebanyak lebih dari 800an guru dari berbagai provinsi di Indonesia meengikuti acara penghargaan guru berprestasi dan berdedikasi yang digelar mulai Jumat malam, 12 Agustus 2016 hingga 18 Agustus 2016 mendatang.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Kemendikbud, Sumarna Surapranata menuturkan ke-800 guru merupakan hasil seleksi dari tingkat provinsi sebelumnya. “Untuk guru berprestasi ada 821 orang yang hadir mulai dari tingkat PAUD hingga SMA/SMK. Nantinya dari penilaian selama beberapa hari kegiatan ini melalui portofolio dan juga presentasi, ada 10 guru terbaik yang akan kami berikan penghargaan,” ujarnya di Gedung Kemendikbud, Jakarta, Jumat, 12 Agustus 2016.

Sementara itu untuk guru berdedikasi terdapat total 34 guru, yang masing-masing mewakili satu provinsi. Pranata menjelaskan, guru berprestasi merupakan guru yang memiliki prestasi di bidang belajar mengajar, terutama dalam berkarya membuat metode pembelajaran yang inovatif.

Sementara guru berdedikasi merupakan guru yang berjuang mengajar di daerah terpencil. Mereka direkomendasikan oleh provinsi masing-masing berdasarkan dedikasi yang telah dilakukan selama mengajar di daerah terpencil.

Dia menjelaskan, pemilihan guru berperestasi dilakukan berdasarkan kinerja yang dilakukan dan terutama karya inovatif dalam metodologi pembelajarannya. “Tahun lalu juara umumnya adalah Jawa Tengah. Guru-guru di Jawa tengah memang didorong untuk melakukan banyak inovasi dalam metode belajar mengajar,” tuturnya.(pikiran-rakyat.com)

)