Kemendikbud Beri Penghargaan 34 Guru Berprestasi

oleh -2 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

KEMENTERIAN Pendidikan dan Kebudayaan memberikan penghargaan kepada 34 guru berprestasi yang berasal dari seluruh daerah di Tanah Air, Kamis (18/8).

“Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap pemberdayaan guru dan tenaga kependidikan yang telah memberikan prestasi dan dedikasinya terhadap dunia pendidikan,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy.

Penyelenggaraan pemilihan guru berprestasi itu dilakukan secara bertingkat mulai dari tingkat satuan pendidikan, kabupaten/kota, tingkat provinsi dan nasional. Terdapat 34 kategori penghargaan tersebut mulai dari guru TK, kepala TK, guru TK daerah khusus, guru SD, guru SD luar biasa, guru SMP, guru SMA, tenaga pendidikan, dan lainnya.

Para peraih penghargaan GTK Berprestasi dan Berdedikasi yang mendapatkan juara satu mendapat hadiah sebesar Rp30 juta dan komputer jinjing. Peringkat kedua mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp 25 juta dan komputer jinjing. Selanjutnya peringkat ketiga mendapatkan hadiah sebesar Rp20 juta dan komputer jinjing.

“Terdapat tiga hal yang harus dimiliki guru dalam mengajar yakni keahlian, tanggung jawab sosial dan panggilan jiwa.? Tapi yang paling penting adalah panggilan jiwa karena dengan panggilan jiwa akan diikuti oleh tanggung jawab,” kata Mendikbud.

Pada kesempatan yang sama Mendikbud memberikan apresiasi kepada pemenang terbaik lomba artikel dan karya jurnalistik 2016. Lomba yang sudah diselenggarakan sejak 2012 dilaksanakan sebagai wujud apresiasi terhadap penulisan artikel dan karya jurnalistik pendidikan dan kebudayaan.( republika.co.id)