Kemendibud Lepas Pengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing 2016

Wednesday 17 February 2016 , 8:26 AM
Kemdikbud

Kemdikbud

KEMENTERIAN Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melepas pengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) 2016 pada Selasa (16/2/2016). Tahun ini ditargetkan sebanyak 80 pengajar BIPA untuk dikirimkan ke 16 negara.

Sejauh ini sudah terseleksi 66 pengajar BIPA yang telah resmi dilepas Kemendikbud di Kantor Kemendikbud, Jakarta. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Dadang Suhendar menuturkan ke-66 pengajar tersebut dibagi menjadi dua gelombang, yang masing-masing menjalani pembekalan pada Januari dan Februari 2016.

Sejumlah negara-negara tujuan untuk pengiriman pengajar BIPA tersebut adalah Vietnam, Laos, Thailand, Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, Kamboja, Cina, Jerman, Perancis, Myanmar, Amerika Serikat, Filipina, Maroko, hingga Tunisia.

Dadang menuturkan, negara-negara ASEAN memang diprioritaskan sebagai negara tujuan. Hal ini karena berkaitan dengan Indonesia di tahun 2016 ini memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

“Diharapkan ASEAN menjadi kawasan yang menggunakan bahasa Indonesia. Bukan hanya dilihat dari jumlah penuturnya, melainkan karena ASEAN membutuhkan bahasa Indonesia,” katanya usai acara pelepasan pengajar BIPA di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Selasa (16/2/2016).(pikiran-rakyat.com)

 

Comments are closed.