Kemenag-USAID Upayakan Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah

oleh -3 views
Ilusrtasi (www.maarif-nu.or.id/)
Arrief Ramdhani
Ilusrtasi (www.maarif-nu.or.id/)
Ilusrtasi (www.maarif-nu.or.id/)

MADRASAH menjadi salah satu tumpuan pendidikan anak-anak bangsa. Hingga saat ini tantangan yang masih dihadapi oleh berbagai sekolah, termasuk madrasah, seperti peningkatan hal mutu guru, mutu pembelajaran, mutu tata kelola serta manajemen madrasah, dan penataan distribusi guru.

Mengingat pentingnya peningkatan kualitas pendidikan tersebut, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag) dan USAID menandatangani kerjasama untuk memperluas program peningkatan mutu madrasah. Hal itu dilakukan melalui program USAID Prioritizing Reform, Innovation, and Opportunities for Reaching Indonesia’s Teachers, Administrators, and Students (PRIORITAS)

Terdapat sekira 350 madrasah yang akan masuk program USAID PRIORITAS. Kendati demikian, lebih dari 4.000 madrasah telah mendiseminasikan praktik pembelajaran dan manajemen madrasah yang dikembangkan USAID PRIORITAS.

“Bantuan USAID PRIORITAS ini memberikan dampak jangka panjang, monumental, dan memberikan daya ungkit terhadap peningkatan kualitas pendidikan Indonesia di masa datang. Karena itu, kami sangat mendukung perluasan dampak program ini,” ujar Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag, Kamaruddin Amin, seperti keterangan tertulis yang diterima Okezone, Sabtu (28/5/2016).

Implementasi kerjasama Kemenag dan USAID PRIORITAS akan dilakukan melalui pelatihan dan lokakarya untuk dosen LPTK Kemenag. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan mutu pendidikan guru, baik prajabatan maupun jabatan, termasuk peningkatan program praktik pengalaman lapangan (PPL). Kemudian, USAID PRIORITAS juga akan menyediakan fasilitator untuk mendiseminasikan program peningkatan mutu madrasah nonmitra serta hibah buku bacaan ke sekira 3.000 madrasah ibtidaiah.

“Program ini akan dilaksanakan di 90 kabupaten/kota yang tersebar di tujuh provinsi, yaitu Aceh, Sumatra Utara, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan. Termasuk, memperluas akses pendidikan yang berkualitas di tujuh LPTK Kemenag,” ucap Direktur Program USAID PRIORITAS, Stuart Weston.

Sementara Direktur Pendidikan USAID Indonesia, Lawrance Dolan, menambahkan bahwa program ini diharapkan mampu meningkatkan kesempatan bagi anak-anak Indonesia untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik. (news.okezone.com)