Kemdikbud Mengucapkan Selamat Hari Pramuka Ke-52 2013

oleh -9 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi (sman1kelua.wordpress.com)
Ilustrasi (sman1kelua.wordpress.com)

KEMENTERIAN Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengucapkan selamat Hari Pramuka Ke-52 2013.  Puncak peringatan Hari Pramuka tahun ini akan dilaksanakan di Lapangan Gajah Mada Kompleks Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (14/8/2013) sore.

Tema peringatan Hari Pramuka adalah “Wujudkan Bangsa yang Berkarakter dan Bermartabat melalui Gerakan Pramuka”. Upacara peringatan akan dihadiri oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh. Pada kesempatan ini Presiden akan menyematkan Lencana Gerakan Pramuka dalam rangka HUT Pramuka Ke 52 kepada 27 orang yang berjasa mengembangkan Gerakan Pramuka di Indonesia.

Gerakan Pramuka secara resmi diperkenalkan kepada seluruh rakyat Indonesia pada tanggal 14 Agustus 1961 bukan saja di Ibukota Jakarta, tapi juga di tempat yang penting di Indonesia. Di Jakarta sekitar 10.000 anggota Gerakan Pramuka mengadakan Apel Besar, yang diikuti dengan pawai pembangunan dan defile di depan Presiden dan berkeliling Jakarta.

Sebelum kegiatan pawai/defile, Presiden melantik anggota Mapinas, Kwarnas dan Kwarnari, di Istana negara, dan menyampaikan anugerah tanda penghargaan dan kehormatan berupa Panji Gerakan Kepanduan Nasional Indonesia (Keppres No.448 Tahun 1961) yang diterimakan kepada Ketua Kwartir Nasional, Sri Sultan Hamengku Buwono IX sesaat sebelum pawai/defile dimulai.

 

Peristiwa perkenalan tanggal 14 Agustus 1961 ini kemudian dilakukan sebagai HARI PRAMUKA, yang setiap tahun diperingati oleh seluruh jajaran dan anggota Gerakan Pramuka.(kemdikbud.go.id)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.