Kemdikbud Gelar Latihan Dasar Kepemimpinan bagi Siswa Indonesia

oleh -29 views
Ilustrasi (smabopkri2yk.sch.id)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi (smabopkri2yk.sch.id)
Ilustrasi (smabopkri2yk.sch.id)

KEMENTERIAN Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah menyelenggarakan Latihan Dasar Kepemimpinan Karakter Siswa Indonesia 2013. Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama Direktorat Pembinaan SMA dengan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Kegiatan ini berlangsung tanggal 13 hingga 18 Mei 2013 di Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur.

Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Organisasi Siswa Intra Sekolah (LDK OSIS) sebagai wahana bagi siswa SMA se-Indonesia untuk menggali, mengekspresikan, mengaktualisasikan jiwa kepemimpinan, karakter, keterampiklan dan pengetahuan pengelolaan organisasi.

Kegiatan ini diikuti oleh oleh  297 Siswa-siswi  dan 66 guru pendamping dari 33 propinsi di seluruh Indonesia. Masing-masing propinsi diwakili oleh sembilan siswa dan didampingi oleh dua orang guru pembina OSIS.

Direktur Pembinaan SMA, Harris Iskandar dalam pembukaan kegiatan ini mengatakan bahwa hasil yang diharapkan siswa pada akhirnya mampu menunjukkan Karakter Sosok Manusia Berkemampuan dan berkeprinbadian.

Kasubdit Kelembagaan dan Peserta Didik Direktorat Pembinaan SMA  Suharlan  menambahkan kegiatan ini merupakan aktualiasasi potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa, bisa mengaplikasikan sikap kerjasama, nasionalisme, rasa persatuan dan kesatuan bangsa, jujur, peduli, berfikir kritis dan positif, menumbuhkankembangkan sikap tanggung jawab, hormat dan saling menghargai dalam keberagaman, serta meningkatkan disiplin diri. “Program ini perlu dikembangkan di daerah-daerah dan sekolah masing-masing,” ujar Suharlan.(kemdiknas.go.id)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.