Kemdikbud akan Perbanyak SMK Negeri

oleh -1 views
Kemdikbud
Arrief Ramdhani
Kemdikbud
Kemdikbud

SAAT ini, jumlah sekolah menengah kejuruan (SMK) kalah jauh dibandingkan dengan sekolah menengah atas (SMA). Padahal, pendidikan vokasi yang ditawarkan SMK berguna mencetak tenaga ahli di berbagai bidang.

Direktur Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Mustaghfirin Amin menyatakan, Kemdikbud akan meningkatkan rasio SMK negeri dibandingkan SMA negeri. Hal ini merupakan salah satu tindaklanjut momentum inpres SMK negeri.

“Saat ini hanya ada 33 persen SMK, sedangkan SMA mencapai 67 persen. Karena itu perlu peningkatan rasio SMK-nya. Antara SMK dan SMA jumlah rasionya itu perlu disesuaikan lagi,” ujarnya di Kemdikbud, Jumat (24/6/2016).

Mustaghfirin berharap, keberadaan SMK di Indonesia bisa meningkat menjadi 60 persen. Sementara untuk jenjang SMA-nya 40 persen.

“Inilah yang sedang dipetakan, dan ditargetkan akan tercapai pada 2019 atau 2020. Ini yang menjadi tantangan kita,” imbuhnya.

Menurut Mustaghfirin, penambahan jumlah SMK tersebut bisa dilakukan dengan cara menambah keberadaan SMK negeri maupun mengalihfungsikan sekolah di jenjang SMA menjadi SMK. “Tapi itu kan butuh koordinasi lebih lanjut. Jadi masih belum pasti akan seperti apa skemanya,” tandasnya.(news.okezone.com)