Kembangkan Karakter, Sikap, dan Tingkah Laku Melalui Gerakan Pramuka

oleh -43 views
Ilustrasi (berita.upi.edu)
Arrief Ramdhani
berita.upi.edu
berita.upi.edu

KETUA Kwarcab Gerakan Pramuka Garut Ahmad Bajuri mengajak seluruh kepala sekolah dan komite sekolah ikut memperhatikan kegiatan Pramuka.

Hal itu dilakukan sebagai tindak lanjut UU No 12 Tahun 2012 tentang gerakan Pramuka.

Kemudian PP No 19 tahun 2013 tentang standar nasional pendidikan, Permendiknas No 67-70 tahun 2013 tentang kerangka dasar serta struktur kurikulum SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK/MAK dan Permendiknas No 63 tahun 2014 tentang pendidikan kepramukaan sebagai kegiatan ekstrakulikuler (Ekskul) wajib pada pendidikan dasar juga menengah.

Untuk itu, daya dukung kompetisi para Mabigus (kepala sekolah) dalam pendidikan kepramukaan adalah wajib, minimal mempunyai sertifikat kursus orientasi Mabigus dan atau berijazah KMD.

Adapun alokasi anggarannya berasal dari dari dana BOS dan BOSDA.

Kendati menjadi ekstrakulikiler wajib, namun kegiatan Pramuka diupayakan tidak mengganggu kreatifitas intrakurikuler.

“Jadi, kegiatan kepramukaan perlu terus berbenah dalam mendidik generasi muda,” kata Bajuri, Sabtu (20/9/2014).

Dengan kata lain, untuk mengatur kegiatan kepramukaan perlu juga dirumuskan kegiatan yang menarik dan menantang. Dengan begitu, kegiatan tersebut tidak membosankan para peserta didik saat mengikuti Pramuka.

Dia mengatakan, diwajibkannya Pramuka karena ekskul tersebut sejalan dengan program pendidikan karakter yang kini tengah digalakan. Dimana para pembinanya dituntut kreatif meramu program Pramuka, sehingga setiap siswa yang mengikuti bisa menikmati keikutsertaannya dalam kegiatan itu.

Tidak hanya itu, gerakan Pramuka pun menjadi gerakan pendidikan, terlebih di dalamnya setiap anggota mendapat pengetahuan dan keterampilan. Pendidikan yang dimaksud yakni pengembangan karakter, pengembangan sikap dan tingkah laku.

“Dalam pramuka,para siswa bisa mengembangkan karakter, sikap, tingkah laku, belajar bersosialisasi hingga mencintai alam,” pungkasnya.(fokusjabar.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.