Kemajuan Sains Adalah Pilar Suatu Bangsa

oleh -10 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

PERKEMBANGAN teknologi tidak bisa dimungkiri lagi menjadi salah satu faktor kemajuan suatu bangsa. Hal itulah yang perlu disadari oleh semua orang agar fokus pada kemajuan ilmu pengetahuan.

“Kemajuan ilmu pengetahuan adalah pilar suatu bangsa. Negara yang maju saat ini adalah hasil perjuangan dari apa yang telah mereka lakukan yakni menguasai teknologi,” ungkap Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Iskandar Zulkarnain di Jakarta, Senin (26/9/2016).

Di zaman yang serba-globalisasi dan semakin kompetitif ini tidak ada jalan lain untuk mundur. Hanya ada cara yakni dengan menghadapinya, sehingga segala bidang, khususnya sains dan iptek, pun harus bersiap diri.

“Indonesia perlu menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang bisa menghasilkan karya inovasi,” ujarnya.

Iskandar menerangkan, seorang ilmuwan harus mampu melampaui sekat bangsa sehingga tumpuan Indonesia saat ini bisa ke para generasi muda.

“Saya yakin bahwa semua siswa disini ingin menjadi leader dan bukan follower. Karena itu, kita perlu belajar dari negara maju bahwa penelitian perlu dilakukan sedini mungkin,” ucapnya.

Indonesia sendiri di kawasan ASEAN masih tertinggal dari negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. “Karena itu kita harus bergerak cepat,” imbuhnya.

Ilmu pengetahuan yang berkembang saat ini telah mengubah dunia sehingga karya tersebut bisa memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

“Indonesia juga memiliki sejumlah cendekiawan dalam pesawat terbang sampai 4G. Satu hal yang perlu diketahui untuk menjadi ilmuwan adalah tidak melepas tanggung jawab agar apa yang dihasilkan dapat berguna untuk masyarakat luas,” tambahnya.(news.okezone.com)