5 Manfaat Buah Kurma

Lusi Yulia Irfani

Penulis : Lusi Yulia Irfani
Editor : Asop Ahmad

0

0

Keluarga
1664194472393_1664194501

Khasiat Kurma

SIAPBELAJAR.COM - Kurma adalah jenis buah yang bisa tumbuh kapan saja sepanjang tahun. Namun umumnya, buah ini sering dipanen pada musim gugur atau awal musim dingin di negara asalnya. Alasannya, karena di musim dingin buah ini berada dalam kondisi paling segar.

Buah yang juga sering disebut sebagai buah nabi ini nyatanya kaya nutrisi menguntungkan. Secara umum, kandungan utama dari buah ini adalah karbohidrat sederhana (terutama gula, seperti sukrosa dan fruktosa). Hampir 70% dari kurma terdiri dari karbohirat. 

Beragam Manfaat Buah Kurma

Berkat kandungan gizinya yang cukup melimpah, ada banyak manfaat buah kurma yang sayang untuk dilewatkan, yaitu:

1. Mendukung kesehatan sistem pencernaan

Buah kurma merupakan salah satu jenis buah yang memiliki banyak serat dan karbohidrat kompleks. Dengan kandungan serat yang cukup tinggi, buah kurma bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan membantu mengatasi serta mencegah sembelit.

Selain itu, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa buah kurma bermanfaat untuk membantu menjaga keseimbangan jumlah bakteri baik (probiotik) di dalam usus, sehingga kesehatan saluran cerna bisa tetap terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit.

2. Mengontrol kadar gula darah

Meski rasanya manis dan mengandung gula yang cukup tinggi, buah kurma ternyata cukup aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Ini karena buah ini memiliki indeks glikemik yang tergolong rendah, sehingga tidak membuat kadar gula darah cepat melonjak.

Bahkan, berkat kandungan antioksidan dan beragam nutrisi di dalanya, buah kurma disebut baik untuk membantu mengontrol gula darah dan mencegah terjadinya resistensi insulin.

Namun, agar lebih aman dan sehat, Anda dianjurkan untuk membatasi konsumsi gula atau makanan dan minuman yang manis saat mengonsumsi buah kurma, ya. Ini agar jumlah asupan gula yang Anda konsumsi tidak berlebihan. Biasakan juga untuk membatasi konsumsi buah kurma.

3. Mengontrol tekanan darah

Salah satu manfaat buah kurma yang juga tak kalah penting adalah untuk membantu mengontrol tekanan darah. Ini karena buah kurma mengandung banyak kalium, serat, dan antioksidan. Selain itu, buah kurma juga rendah natrium atau garam, sehingga cocok untuk dikonsumsi bagi orang yang menderita hipertensi.

4. Menjaga kesehatan ibu hamil dan mendukung tumbuh kembang janin

Buah kurma juga baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Ini karena kurma banyak mengandung nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh ibu hamil dan tumbuh kembang janin, seperti vitamin, mineral, serat, protein, karbohidrat, dan antioksidan.

Dengan tercukupinya asupan nutrisi, janin bisa tercegah dari beragam masalah kesehatan, seperti cacat bawaan lahir, kelahiran prematur, atau terlahir dengan berat badan lahir rendah. Buah kurma juga baik untuk menambah energi, sehingga ibu hamil tidak mudah merasa lelah.

Beberapa penelitian juga telah membuktikan bahwa rutin mengonsumsi kurma setiap hari selama beberapa minggu terakhir kehamilan atau menjelang persalinan bisa membantu memperlancar persalinan dan mempercepat proses persalinan secara normal.

5. Mendukung kekuatan dan kesehatan tulang

Kandungan mineral pada buah kurma, termasuk fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium, bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Dengan tercukupinya nutrisi tersebut, Anda bisa terhindar dari osteoporosis.

Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1669094597266_1669094581

Share and Care

5 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan

SIAPBELAJAR.COM - Green tea atau teh hijau masih digemari banyak orang sampai saat ini. Bukan hanya diolah menjadi minuman, jenis teh tersebut juga digunakan untuk membuat berbagai macam camilan, s
1667883223354_1667883235

Trending

Lonjakan Kasus Flu di Amerika Serikat

SIAPBELAJAR.COM - Penerimaan pasien di rumah sakit influenza Amerika Serikat telah mencapai tingkat tertinggi dalam satu dekade karena tingkat vaksinasi yang menurun.Para pejabat Amerika Serikat me
1666513434048_1666513444

Share and Care

4 Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan

SIAPBELAJAR.COM - Darah merupakan salah satu komponen terpenting dalam tubuh manusia. Keputusan untuk menyumbangkan darah melalui donor darah dapat menyelamatkan satu kehidupan atau bahkan beberapa
1666250577241_1666250594

Trending

Waspada! Gangguan Ginjal Akut pada Anak Meningkat

Siap Belajar - Sejak akhir Agustus 2022, Kementerian Kesehatan dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) telah menerima laporan peningkatan kasus Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal/Acute Kidney
1666153647129_1666153656

Trending

Kematian Pertama Akibat Wabah Ebola Tercatat di Uganda

SIAPBELAJAR.COM - Kementerian Kesehatan telah mengkonfirmasi bahwa seorang pasien Ebola telah meninggal di sebuah rumah sakit di ibukota Uganda.Dia adalah korban ke-19 dalam wabah virus mematikan s