Khasiat Wheatgrass untuk Kesehatan

Lusi Yulia Irfani

Penulis : Lusi Yulia Irfani
Editor : Asop Ahmad

0

0

Keluarga
1662909241915_1662909269

Wheatgrass

SIAPBELAJAR.COM - Pernah dengar tanaman wheatgrass? Bentuknya mirip rumput pada umumnya, tetapi daunnya lebih tebal dan besar dari rumput biasa. Tanaman ini punya kandungan aktif yang berpotensi mengatasi berbagai penyakit. Mari simak manfaat, cara penggunaan, dan efek samping obat herbal yang satu ini.

Beberapa orang menyebut wheatgrass sebagai “darah hijau” karena mengandung klorofil jumlah tinggi yang memberi rumput gandum rona hijau cerah.

Rumput gandum ini biasanya dibudidayakan secara mandiri mirip seperti tanaman obat di rumah.

Wheatgrass akan dipanen di awal pertumbuhannya sebelum mencapai pertumbuhan penuh. Panen biasanya dilakukan 7 – 10 hari setelah bertunas.

Rumput gandum ini berpotensi sebagai obat herbal karena khasiat yang berasal dari kandungan klorofilnya, yang sebanyak 70% menyusun tanaman ini. Klorofil sendiri merupakan pigmen (zat pewarna) tumbuhan hijau.

Klorofil dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, antara lain mencegah penyakit kanker dan membantu menghilangkan racun dalam darah.

Antioksidan yang ada di dalam tanaman ini juga bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung, kanker, nyeri sendi, dan penyakit saraf yang biasanya terjadi pada lansia.

Manfaat Wheatgrass

Dengan kandungan nutris-nutrisi di atas, wheatgrass menawarkan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat wheatgrass yang penting untuk Anda ketahui:

1. Menghilangkan racun dari tubuh

Manfaat wheatgrass yang utama adalah membuang kotoran dan racun yang tersimpan di dalam tubuh. Manfaat ini ada berkat kandungan 70% klorofil di dalam wheatgrass..

Klorofil diketahui dapat membantu detoksifikasi tubuh dan meningkatkan fungsi hati. Setelah tubuh Anda dibersihkan dari racun, proses pembentukan energi dalam tubuh Anda akan lebih optimal, sehingga Anda akan merasa lebih bugar dan sehat.

2. Memperlancar pencernaan

Efek detoks tubuh dari wheatgrass juga sekaligus mampu membersihkan usus, sehingga gas di dalam perut Anda akan berkurang dan Anda terhindar dari perut kembung atau ketidaknyamanan perut.

Terlebih lagi, enzim yang terkandung di dalam wheatgrass juga membantu tubuh memecah makanan dan menyerap nutrisi dengan baik. Oleh karena itu, wheatgrass baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan saluran cerna, serta meredakan sembelit dan irritable bowel syndrome.

3. Menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, wheatgrass bisa menjadi salah satu pilihan makanan yang baik dan sehat untuk dikonsumsi. Hal ini karena wheatgrass termasuk makanan yang sangat rendah kalori, tidak mengandung lemak, dan padat nutrisi.

Tak hanya itu, komponen bernama tilakoid di dalam wheatgrass juga diketahui dapat membuat Anda kenyang lebih cepat dan lebih lama. Dengan begitu, dorongan untuk ngemil atau makan lebih banyak pun bisa berkurang.

4. Memperkuat sistem imunitas tubuh

Sistem kekebalan atau imunitas tubuh berperan penting untuk menangkal infeksi kuman, virus, dan parasit yang dapat menyebabkan penyakit. Untuk menjaga imunitas tubuh tetap kuat, Anda bisa mengonsumsi makanan sehat dan tinggi nutrisi, seperti wheatgrass.

Antioksidan yang melimpah dan macam-macam vitamin dalam wheatgrass diketahui dapat memperkuat daya tahan tubuh. Jika Anda menderita penyakit tertentu, dukungan terhadap sistem imun dari antioksidan ini juga dapat membantu Anda sembuh lebih cepat.

5. Mengurangi kadar kolesterol

Manfaat wheatgrass lainnya yang bisa Anda peroleh adalah menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida (lemak darah), serta menaikkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah.

Menariknya, efek dari wheatgrass ini hampir sama dengan atorvastatin, yakni obat yang biasa digunakan untuk mengobati kolesterol tinggi. Dengan terkontrolnya kadar kolesterol, risiko terkena sejumlah penyakit, seperti aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke, juga akan berkurang.

Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1664194472393_1664194501

Keluarga

5 Manfaat Buah Kurma

SIAPBELAJAR.COM - Kurma adalah jenis buah yang bisa tumbuh kapan saja sepanjang tahun. Namun umumnya, buah ini sering dipanen pada musim gugur atau awal musim dingin di negara asalnya. Alasannya, kare
1664165195937_1664165201

Share and Care

5 Rekomendasi Makanan untuk Pengidap Anemia

SIAPBELAJAR.COM - Anemia merupakan kondisi kekurangan sel darah merah dalam tubuh. Hal ini bisa terjadi karena berbagai penyebab dan yang paling umum adalah akibat kekurangan atau defisiensi zat be
1663900738825_1663900745

Share and Care

5 Manfaat Buah Raspberry untuk Kesehatan

SIAPBELAJAR.COM - Raspberry atau dalam bahasa Indonesia disebut buah frambos merupakan salah satu jenis buah beri yang memiliki beragam varietas. Buah raspberry ada yang berwarna hit
1664078694631_1664078698

Share and Care

5 Rekomendasi Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui

SIAPBELAJAR.COM - Setiap makanan yang dikonsumsi selama menyusui dapat memengaruhi nutrisi dalam air susu ibu atau ASI . Beragam nutrisi tersebut baik untuk membantu proses tumbuh kembang buah hati
1663334335357_1663334430

Keluarga

Pertolongan Pertama Hidung Mimisan

SIAPBELAJAR.COM - Mimisan adalah perdarahan yang terjadi di hidung. Kondisi yang juga disebut epistaksis ini tidak berbahaya, tetapi bisa menjadi gejala dari suatu penyakit. Meski penanganan awalnya d