ITS Rancang Inovasi Gerakan Seribu Tangan Palsu

Intan Suryani

Penulis : Intan Suryani
Editor : Asop Ahmad

0

0

Keluarga
1656408881965_1656408891

Djoko Kuswanto ST MBiotech, inisiator Gerakan Seribu Tangan Palsu

SIAPBELAJAR.COM - Karya inovatif yang sangat bermanfaat bagi masyarakat kembali dihasilkan oleh sivitas akademika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Sebuah inovasi pembentukan ekosistem masyarakat yang ramah terhadap sahabat difabel melalui Gerakan Seribu Tangan Palsu yang diinisiasi melalui Program Pengabdian kepada Masyarakat (Abmas) Prioritas ITS. 

Gerakan Seribu Tangan Palsu ini sebagai ikhtiar yang dibangun bersama dosen ITS untuk memperhatikan perkembangan inovasi khusus difabel.

ITS mengukapkan jika di Indonesia terdapat lima kategori disabilitas yakni, Fisik, mental, sensorik, dan multiple.

Baca jugaKumpulan Website untuk Kalian yang Hobi Baca

Sementara itu, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020, jumlah penyandang disabilitas di Indonesia mencapai 22,5 juta atau sekitar 8 persen.

"Dari permasalahan ini yang menjadi tolak ukur utama dalam pengembangan inovasi, sekaligus menyelesaikan permasalahan Sustainable Development Goals (SDGs)," ungkapnya, Senin (27/6/2022).

Pengembangan karya Abmas ini dilakukan sesuai dengan kemampuan para sivitas akademika dan masyarakat umum seperti memberi donasi, membantu mencetak dengan printer 3D, memberi info keberadaan sahabat difabel, membantu dokumentasi, membantu mengukur, menyumbang material, dan lain sebagainya.

Dari pengembangan bantuan dasar, Djoko berharap penuh kepada pemerintah dan instansi terkait agar tujuan mulia ini bisa mendapatkan dukungan berkelanjutan untuk sahabat difabel bila ada kerusakan, perubahan karena umur atau sebab lain hingga pada update inovasinya.

Gerakan Seribu Tangan Palsu ini juga sudah disesuaikan agar berbasis teknologi printer 3D model prostetik tangan open source karya laboratorium Integrated Digital Design (iDIG) Departemen Desain Produk Industri (Despro) ITS. Tak hanya itu, sudah disiapkan pula beserta dukungan Asosiasi Printer Tridimensi Indonesia dengan model prostetik tersebut yang akan terus bertambah dan di-update.

"Pegiat 3D dan printer 3D di banyak tempat di seluruh Indonesia, bisa berperan membantu mencetak dengan printer 3D untuk sahabat difabel di sekitarnya," ujarnya.

Lanjutnya, Gerakan Seribu Tangan Palsu ini juga diharapkan mampu mencapai target SDGs dengan menggerakkan roda perekonomian masyarakat.

Inovatif

Salah satunya dengan melibatkan bengkel prostetik atau ortotik di lokasi terdekat sahabat difabel untuk mendapatkan prosedur terapi dan bentuk socket yang aman dan nyaman dipakai. 

 Kegiatan ini juga siap memberikan pelatihan gratis dengan mengajukan permohonan workshop melalui wadah SMA/SMK/madrasah/pesantren.

Dari pengembangan bantuan dan inovasi tersebut, Djoko berharap kegiatan abmas ini akan terus berkembang secara perlahan-lahan agar dapat dirasakan langsung oleh penyandang disabilitas di Indonesia secara riil. Meskipun saat ini belum terlalu siap untuk diproduksi secara massal dan melihat harganya yang akan disesuaikan dengan bantuan BPJS.

"Pengembangan ini juga diharapkan tidak hanya menjadi hilirisasi produk yang hanya bertumpu pada pengembangan keilmuan masing-masing peneliti," jelas dosen Departemen Despro ITS ini.

Tak hanya itu, diungkapkan Djoko juga bahwa ke depannya akan banyak sekali kegiatan yang akan dilakukan oleh pemerintah Indonesia dan lembaga sosial bahkan masyarakat umum secara langsung, tapi hampir semuanya bersifat jangka pendek dan tanpa solusi untuk jangka panjang.

“Sedangkan produk ITS ini ditargetkan agar bersifat pengulangan pemberian produk jadi dengan mengandalkan kekuatan penggalangan donasi,” tuturnya. 

Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1668552946731_1668553052

Belajar

Juara 1 FSAD FAIR, Siswa MAN 1 Kudus Raih Golden Tiket Masuk ITS Surabaya

SIAPBELAJAR.COM - Tim Riset MAN 1 Kudus berhasil meraih Juara I FSAD FAIR 2022. Sesuai namanya, ajang ini diselenggarakan oleh Fakultas Sains dan Analitika Data (FSAD) Institut Teknologi Sepuluh Novem
1667143776239_1667143865

Belajar

Mahasiswa ITS Manfaatkan Sekam Padi untuk Pengendalian Pencemaran Air Sungai

SIAPBELAJAR.COM- Inovasi kembali datang dari Mahasiswa ITS. Mereka menggagas ide pemanfaatan sekam padi sebagai upaya pengendalian pencemaran air di sungai Kalimas.Ketua tim, Muhammad Habib Tanwirul U
1665885889806_1665885959

Belajar

ITS Lantik 91 Insinyur Terbanyak di Jawa Timur

SIAPBELAJAR.COM - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali melantik 91 insinyur baru yang terdiri dari 43 dosen ITS, 42 masyarakat umum, dan enam orang dari perusahaan yakni PT Dharma Lautan
1663813829949_1663814059

Trending

PKM Awards Kemendikbud : ITS Masuk Kampus Terbaik 2022

SIAPBELAJAR.COM - Direktorat Jenderal Pendidikan , Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) resmi mengumumkan pemenang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Awards 2022 melalui laman Instagramnya @ditj
1660171951280_1660171990

Belajar

Hasna, Mahasiswa Termuda di ITS 2022

SIAPBELAJAR.COM- Hasna Nur Shadrina dinobatkan sebagai mahasiswa termuda pada pengukuhan Mahasiswa Baru Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) tahun akademik 2022/2023, Selasa (9/8).Dilansir dari s