Karawang Tuan Rumah Epitech 2014

oleh -7 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

KABUPATEN Karawang akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Expo Pendidikan dan Teknologi (Epitech) ke-9 tingkat Provinsi Jawa Barat, yang diikuti oleh seluruh Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dari berbagai perwakilan di Jawa Barat.

“Ada 185  stan yang akan memamerkan berbagai keunggulan SMK di Jawa Barat dalam Epitech ini,” ujar Ketua Pelaksana Epitech ke-9 Kabupaten Karawang Nandang Mulyana.

Nandang menjelaskan, untuk lokasi Epitech sendiri awalnya akan dilaksanakan di Lapang Karangpawitan. Namun hasil evaluasi dari panitia tingkat Jawa Barat, tempat tersebut dianggap terlalu kecil dan akan dipergunakan oleh atlet sepatu roda berlatih persiapan Porda di tingkat Jabar. Sehingga, panitia di tingkat Karawang mengambil solusi tempat pelaksanaan acara Epitech tingkat Jabar ini,  dilaksanakan di kawasan Grand Taruma di Jalan Interchange.

“Kalau tidak ada halangan, kegiatan ini  diselenggarakan pada tanggal 4-6 Nopember 2014,” kata Nandang.Ia melanjutkan, alasan Karawang ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan Epitech, karena kepercayaan dari pemerintah provinsi saat pelaksanaan Epitech tahun sebelumnya di Bogor. Nandang berharap, kehadiran Epitech yang diselenggarakan tiap tahun ini, menjadi ajang pencarian bakat para siswa unggulan yang dilakukan kalangan pengusaha. “Sehingga mendorong seluruh siswa SMK untuk berusaha menjadi yang terbaik,” tutur Nandang.Apalagi, menurutnya, dalam waktu dekat, tahun 2015 mulai diberlakukan ASEAN Community. Untuk itu, pendidikan di Jawa Barat sesuai instruksi Gubernur Jabar, didasarkan pada 3 pilar, yakni pemerataan dan perluasan  akses pendidikan, peningkatan mutu dan daya saing serta kualitas tata kelola dan akuntabilitas pendidikan.

Dengan demikian, diharapkan lulusan SMK mampu menjadi pelopor pembuka lapangan kerja. Ke depan pihaknya yang juga merupakan Kabid Dikmen Disdikpora Karawang, ini menjanjikan akan terus mengupayakan peningkatan kerjasama antara dunia pendidikan dengan dunia kerja industri, khususnya yang ada di Karawang. “Kita juga berkordinasi dengan industri agar terlibat dalam kegiatan ini,” katanya.

Sementara itu, andalan teknologi siswa SMK di Karawang dalam acara tersebut, dipercayakan kepada SMKN 1 Cikampek. Dimana nantinya sekolah tersebut akan memamerkan beberapa alat canggih hasil kreasi siswa, diantaranya mesin pendaur ulang sampah dan mesin perontok padi. “Khusus peserta dari Karawang rencananya akan ada 185 stan, dan yang 100 stan itu perwakilan kabupaten lain yang ada di Jabar. Sudah dapat dipastikan acara ini akan meriah dan akan dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Barat,” pungkasnya.(radar-karawang.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.