Kapolri: Polisi Tak Ikut Awasi Ujian

oleh -16 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

KAPOLRI Jenderal Pol Sutarman memastikan seluruh anggotanya melakukan penjagaan ujian nasional (UN) di setiap SMP se-Indonesia tidak mengenakan seragam dinas.

Hal itu diungkapkan Sutarman seusai menghadiri kegiatan Konkurs Seni Suara Alam Burung Perkutut Tingkat Nasional ‘Kapolri Cup’ di Secapa TNI AD, Jalan Hegarmanah, Minggu (4/5/2014).

Menurutnya, hal itu dilakukan agar para siswa yang tengah melakukan ujian tidak terganggu secara psikologis dengan kehadiran aparat kepolisian di sekolah-sekolah.

“Untuk Polri tidak mengawasi ke dalam. Kita hanya berada di luar dan tidak memakai pakaian dinas,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga telah melakukan teleconference dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh di Mabes Polri beberapa waktu lalu. Intinya mengenai sistem penjagaan dan pengamanan selama UN berlangsung.

Dia menjelaskan, untuk masalah pengamanan Polri hanya membantu mengamankan pendistribusian naskah, mulai dari percetakan, gudang rayon, hingga pendistribusian ke sekolah-sekolah.

“Tapi kalau ada pelanggaran-pelanggaran seperti kecurangan kita tindak,” tandasnya.

‎Di tempat yang sama, Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Martinus Sitompul mengatakan, khusus polisi yang berseragam dinas akan ditempatkan jauh di luar sekolah. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Tetap ada yang berseragam, hanya saja di luar, jauh dari sekolah. Sifatnya patroli biasa,” bebernya.

Hal yang sama diungkapkan Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Mashudi. Menurutnya, untuk saat ini petugas kepolisian sudah membantu mendistribusikan soal-soal dari gudang ke sub-sub rayon.

“Yang pasti untuk UN besok kita amankan. Hari ini sudah ada pendistribusian,” paparnya di tempat yang sama.

Dia menyebutkan, untuk pengamanan di lokasi sekolah, polisi ada di dalam gedung tapi berpakaian preman. Sedangkan yang berpakaian dinas berada di luar untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.(inilahkoran.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.