Kampus Gudang Pembuat Robot di Kota Bandung

oleh -50 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

MENELURKAN mahasiswa andal pembuat robot. Setiap tahun, muncul 80-100 calon pembuat robot.
Sulit memisahkan robot dari Universitas Komputer Indonesia (Unikom). Kampus yang berlokasi di Jalan Dipatiukur, Kota Bandung ini, menjadi kampus yang paling banyak melahirkan karya robot yang terbilang luar biasa. Setiap saat, mahasiswa di berbagai juruan berlomba untuk memperlihatkan karya terbaik mereka.

Taufiq Nuzwir Nizar (30), Ketua Divisi Robotika Unikom, menyebutkan mahasiswa yang terlibat pembuatan robot bukan hanya dari satu jurusan. Mereka berdatangan dari beberapa jurusan yang ada di Unikom itu sendiri.

banner 728x90

Setiap tahunnya kita membuka pendaftaran bagi mahasiswa-mahasiswa Unikom yang ingin masuk ke Divisi Robotika ini. Sebetulnya yang dikhususkan jurusan-jurusan tertentu seperti elektro, teknik dan informatika. Tapi, karena antusiasme mahasiswa cukup besar, setiap tahun kami membuka untuk semua jurusan. Rata-rata yang mendaftar setiap tahunnya ada 80 sampai 100 orang lebih dan itu kami saring lagi sampai 15 orang, katanya.

Divisi Robotika Unikom sendiri merupakan salah satu wadah riset mahasiswa Unikom yang saat ini membuat dan mengembangkan robot-robot untuk kontes.

Sejak 2006 lalu Divisi Robotika Unikom telah mengikuti empat Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) seperti KRCI Divisi Senior Beroda, KRCI Divisi Senior Berkaki, KRCI Divisi Expert Single dan KRCI Divisi Expert Battle.

Selain mengikuti kontes robot tingkat nasional, menurut Taufiq, pada 2009 sampai dengan 2013 lalu, Divisi Robotika Unikom juga mengikuti kontes robot tingkat Internasional. Mereka tampil di Trinity College Home Fire Fighthing Robot Contest di Hartford, Connecticut dan Robogames di San Fransisco.

Sejak mengikuti kontes tersebut, Robotika Unikom mendapatkan berbagai macam prestasi baik di tingkat nasional maupun Internasional.

Beberapa prestasi yang pernah mereka raih di dalam negeri seperti finalis KCRI Divisi Senior Beroda 2006, juara KRCI Divisi Senior Berkaki 2007, juara kedua KCRI Divisi Senior Beroda 2007, juara KRCI Divisi Senior Beroda tingkat Regional 2 (DKI, Jabar, Banten) 2008, dan juara KRCI Divisi Senior Berkaki regional 2 tahun 2008.

Tak hanya itu, Unikom pernah pula meraih prestasi internasional. Mereka meraih juara RoboWaiter Advanced Level pada Trinity College Robowaiter Contest 2011 di Connecticut, AS, juara RoboWaiter Entry Level di ajang yang sama.

Mereka pun meraih medali emas Open Ribbon Climber Autonomous Robogames 2011 di San Mateo, California dan juara 1 INAICTA 2011 kategori robot aplikatif dan segudang prestasi lain.

Taufik mengaku, pihaknya mendapat dukungan penuh kampus. Salah satunya, kampus memberkan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi di Divisi Robotika. Bagi mahasiswa yang berprestasi, akan diberikan beasiswa oleh pihak kampus, katanya.(inilahkoran.com)