Kami Bangga Jadi Anak Indonesia

oleh -13 views
Bendera Indonesia
Arrief Ramdhani
bendera indonesia
Ilustrasi (inilahkoran.com)

LAYAKNYA anak-anak seusia SD, saat pihak sekolah menggelar sebuah kegiatan lomba dalam rangka memperingati ulang tahun Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71, di situlah suasana keramaian pun sangat terasa.

Teriakan, tepuk tangan dan memberikan semangat kepada rekan-rekannya menjadi hal yang tak bisa dipisahkan dari anak-anak ini. Ratusan siswa ini dibebaskan untuk memilih beberapa lomba yang mereka minati, di setiap lomba teman-temannya yang berada di pinggir lapangan memberikan semangat yang tak henti-hentinya.

Kebahagiaan ini rupanya dirasakan pula oleh Jau Zaqi. Siswa kelas 6 SD Terpadu Krida Nusantara ini mengaku, sangat senang bisa mengikuti lomba menangkap belut yang digelar di area sekolahnya itu. Pasalnya, selain bisa memeriahkan hari kemerdekaan, dalam lomba ini ia juga bisa berbaur dengan teman-teman lainnya yang berbeda tingkatan.

“Barusan saya ikut lomba nangkap belut. Saya jarang ikut lomba semacam ini di lingkungan rumah saya. Senang bisa berbaur sama teman-teman, bisa mempererat tali silaturahmi juga. Di hari kemerdekaan ini, saya sebagai anak Indonesia bangga, karena Indonesia keren, orang-orangnya baik-baik,” tutur Jau kepada INILAH seusai mengikuti lomba.

Seluruh lomba yang digelar oleh pihak sekolah ini, tentu saja memiliki makna tersendiri. Lomba menangkap belut misalnya, secara tidak langsung seluruh peserta lomba harus memiliki konsentrasi dan ketangkasan yang tak mudah. Sehingga untuk menggapai sesuatu itu diperlukan kerja keras dan penuh dengan kesabaran.

“Lomba menangkap belut itu seru. Saya juga ikut lomba menulis cerita tentang hari kemerdekaan Indonesia. Hasil karyanya nanti akan di buku kan sama sekolah,” ucapnya.

Dia berharap, melalui kegiatan ini seluruh anak-anak di sekolah ini bisa bersatu tanpa harus memandang agama, suku dan bisa berbagi kebahagiaan bersama. “Semoga Indonesia makin keren,” tambah siswa yang memiliki cita-cita sebagai arsitek ini.

Siswa lainnya, Putri Kamya Syahraz Anees mengatakan, senang bisa mengikuti lomba menangkap belut di sekolahnya itu. Sebab dalam lomba ini diperlukan konsentrasi dan kerja sama dengan tim. Sehingga secara tidak langsung ia pun bisa mempelajari hal seperti itu melalui lomba.

“Manfaatnya saya bisa bekerja sama dengan orang lain, menciptakan tali silaturahmi, saling menyemangati dalam segala hal,” ujar siswi yang hobi dengan mata pelajaran bahasa Inggris ini.

Diakui Putri, arti kemerdekaan bagi dia adalah, mengingat jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan bangsanya sendiri. Untuk merebut kemerdekaan bukan sesuatu yang mudah.

“Saya bangga menjadi anak Indonesia. Harapannya saya ingin membanggakan negara,” pungkas siswi yang memiliki cita-cita menjadi seorang dokter dan penulis ini. (inilahkoran.com)