Kabupaten Ciamis Kekurangan Guru Budaya dan Kesenian

oleh -11 views
Dudung Abdulah Kabid Kebudayaan DISDIKBUD Kabupaten Ciamis.(fokusjabar.com
Arrief Ramdhani
Dudung Abdulah Kabid Kebudayaan DISDIKBUD Kabupaten Ciamis.(fokusjabar.com
Dudung Abdulah Kabid Kebudayaan DISDIKBUD Kabupaten Ciamis.(fokusjabar.com

KABUPATEN Ciamis kekurangan guru kesenian untuk mengajar muatan lokal (Mulok). Karena itu pendidikan budaya dan seni tidak menjadi perhatian serius.

Padahal pendidikan kebudayaan dan seni merupakan hal yang sangat penting ditanamkan terhadap generasi muda. Paling tidak pendidikan seni atau budaya bisa mencegah degredasi moral akibat maraknya kebudayaan dari luar yang tidak sejalan dengan tatakrama bangsa kita.

banner 728x90

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ciamis Dudung Abdullah Rabu ( 23/4 /2014) mengatakan itu. Dengan mempertahankan kebudayaan lanjutnya ,  khususnya Sunda, generasi muda bisa terselamatkan dari pengaruh negatif yang masuk melalui transformasi budaya luar yang tidak sesuai dengan budaya nasional.

Dia juga menjelaskan, generasi muda dengan mengetahui kebudayaanya sendiri, upaya melestarikanya, juga nilai-nilai luhur dari kebudayaan tersebut bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-harinya.

“Dengan nilai budaya ketimuran yang kita terapkan di sekolah, diharapkan para siswa untuk lebih berbudi pekerti yang luhur. Untuk ini diperlukan guru kebudayaan atau kesenian yang mumpuni,” pungkasnya.(fokusjabar.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.