Jika Kunci Jawaban UN Kembali Beredar, Siswa Bisa Galau

oleh -4 views
Ilustrasi ( harianrakyatbeng­kulu.­com)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi ( harianrakyatbeng­kulu.­com)
Ilustrasi ( harianrakyatbeng­kulu.­com)

UJIAN nasional (UN) enam hari lagi akan dilangsungkan. Segala cara pun akan dilakukan oleh para siswa agar ujian mereka berhasil. Masa-masa rawan ini biasanya dimanfaatkan orang-orang tidak bertanggung jawab dengan menyebarkan bocoran kunci jawaban.

“Jika mulai beredar kunci jawaban UN yang harganya selangit, itu membuat galau peserta didik,” sebut Ketua Pengawas UN Banten, Soleh, dalam diskusi yang digelar Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Banten bertema ‘Mengurai Karut Marut Ujian Nasional’, Senin (7/4/2014).

Soleh menyebutkan, terjadinya kebocoran soal jawaban yang terjadi di periode lalu, tidak akan terjadi dalam penyelenggaraan UN di 2014 ini. Dirinya pun membantah jika tahun ini telah beredar kunci soal ujian nasional.

“Saya bisa pastikan itu adalah bohong, karena saya secara langsung bersama tim mengawasi distribusi soal. Bagaimana bisa tahu kunci jawaban, kami saja sebagai pemindai hasil ujian tidak tahu jawabannya sampai saat ini,” tegasnya.

Soleh pun mengingatkan kepada seluruh siswa untuk tidak panik dalam menghadapi informasi tersebut. Disampaikan dia, UN tidak mutlak menjadi syarat kelulusan sekolah.

“Kan ada prestasi akademis dari kelas X sampai XII, prestasi non-akademis, dan faktor lainnya,” kata dia.

Ketua IJTI Banten, Wibowo Sangkala, pun mengajak seluruh peserta dan pembicara dalam diskusi untuk kembali mamantau kegiatan UN di tanah Banten ini.

“Mari kita dedikasikan perbaikan pelaksanaan UN di Banten, bagi bangsa kita. Adik-adik kita sebagian besar galau, juga ada pihak-pihak yang mencari keuntungan, untuk itu, mari kita urai bersama,” ajaknya.

Sekadar informasi, dalam acara diskusi, turut mengundang Ketua Pengawas UN Banten, Prof. Soleh Hidayat juga selaku Rektor Untirta, Kabid Dikmenti Dindik Bantan, Lilis Dania dan  Ei Nurul Khotimah sekaligus Wakil Ketua DPRD Banten.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.