Jepang Buka Peluang Lulusan Upi Bergabung Di Industri Pariwisata

oleh -18 views
Ilustrasi : (padang-today.com)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi : (padang-today.com)
Ilustrasi : (padang-today.com)

TIGA program studi pariwisata yaitu Manajemen Resort dan Leisure, Manajemen Pemasaran Pariwisata, dan Manajemen Industri Katering melaksanakan seminar internasional pariwisata. Kegiatan yang dilaksanakan pada 27 hingga 28 Oktober 2014  tersebut mengambil tema “Eko Resort dan Destinasi Berkelanjutan: Perencanaan, Pembangunan dan Dampak.”

Dalam rangkaian kegiatan yang membahas lima aspek yaitu Pariwisata berkelanjutan berdasarkan sumber daya alam, dan budaya, pariwisata berkelanjutan berdasarkan sumber daya sosial dan masyarakat, pariwisata berkelanjutan dari aspek pemasaran dan bisnis, pariwisata berkelanjutan dari aspek pendidikan, dan terakhir adalah aspek pariwisata berkelanjutan dari kuliner. Menarik karena dihadiri 100 peserta dari berbagai negara yaitu Indonesia,  Hongkong, Nigeria, Jepang, dan Malaysia. Mereka adalah peserta dari  UPI, STP Bandung, STP Nusa Dua Bali, Universitas Bina sarana Informatika, STP Makasar, Universitas Udayana, Universitas Manila, Universitas Konan Jepang, Kementian Pariwisata Ekonomi dan Kreatif, Universitas Brawijaya, Siam University Thailand, STP Sahid Surakarta, Universitas Winaya Mukti, Lembaga Administrasi Negara, Perhutani, Universitas Dhayana Pura Bali, STIEPAR, Universitas Penang Malaysia, Hoshira Tour and Travel, ITB, Universitas Pancasila, Universitas Pendidikan Ganesha Bali, Universitas Malaysia, IPB, Universitas Gadjah Mada, Victoria University, SMK Aulia Tauladan mandiri, Sekretariat Kabinet Indonesia, Kinki University Jepang, Politeknik Bandung,

Hp. Dyah Setiyorini, MM Wakil ketua pelaksana menyatakan bahwa kegiatan Gala Dinner di Hotel Isola Resort Universitas Pendidikan Indonesia adalah meningkatkan rasa persaudaraan diantara para peserta.  Kemudian yang kedua adalah untuk memberikan rasa nyaman bagi para peserta yang telah melakukan perjalanan jauh menuju Kota Bandung.  Kegiatan ini pun bermaksud untuk meningkatkan hubungan kerjasama yang baik untuk di masa mendatang yang kontributif.

Para peserta dihidangkan beragam makanan khas Indonesia seperti Rendang, Sate Ayam, Buah-buahan khas Indonesia dan tak lupa minuman khas Indonesia seperti Bajigur dan Bandrek.  Selain itu juga mereka dihibur dengan tampilnya group Aroumba dari unit kegiatan mahasiswa Program Studi MRL.  Animo peserta dalam acara gala dinner terlihat bahagia saat diberikan kesempatan memainkan alat musik tradisional Jawa Barat Angklung.

 

Kolaborasi Jepang dan Tiga Prodi Pariwisata Dijalin Saat Gala Dinner

Pada kesempatan tersebut hadir pula rombongan: Toyo Kanko Grup dari Jepang.  Presiden Direktur  Imai Masao menyatakan bahwa perusahaannya yang membidangi Industri Pariwisata, memiliki beberapa hotel seperti Hotel Centuri 21 Hiroshima, Kokusai Hotel Hiroshima, Pembangkit Listrik Tenaga Surya (Risukin), serta berbagai restoran yang tersebar di wilayah Hiroshima dan sekitarnya.  Salah satu yang sangat dikenal di negara Sakura itu adalah Restoran Okonomiyaki Tokugawa.

Ia menyatakan bahwa pada bulan Mei pada tahun2015, mereka berencana akan  akan mengembangkan Usaha restoran Okonomiyaki Tokugawa, di AEON Mall BSD Jakarta. Selain itu pun dalam waktu dekat mereka akan mebuka Restoran Indonesia di Hiroshima.

Tujuan mereka hadir dalam acara tersebut menurut Koordinator Kerjasama UPI-Jepang Dianni Risda, selain menghadiri  Seminar International pariwisata mereka juga melihat adanya untuk merekrut lulusan UPI untuk bekerja di restoran di Jepang. Sekaligus melatihnya para alumni Program Studi Manajemen Industri Katering untuk dipercaya memegang Restoran Tokugawa di jakarta.Mereka berharap bahwa diharapkan akan segera dilaksanakan penyelenggaraan Internship bagi mahasiswa Prodi MRL, MPP dan MIK FPIPS.(berita.upi.edu)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.