Jelang UN, Siswa Harus Sering Try Out

Friday 31 January 2014 , 5:48 AM
Ilustrasi (lensaindonesia.com)

Ilustrasi (lensaindonesia.com)

PELAKSANAAN Ujian Nasional (UN) untuk kelas XII baik SMA maupun SMK tinggal dua bulan lagi. Untuk itu, Dinas Pendidikan DKI Jakarta mengaku telah mempersiapkan para siswa dengan baik.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) DKI Jakarta Taufik Yudi Mulyanto ketika ditanya mengenai persiapan menjelang UN pada Maret 2014. Taufik menyebut, persiapan tersebut telah dilakukan sejak dua tahun lalu. Sehingga saat ini tinggal mengulang semua materi yang telah diberikan.

“Persiapan sudah dilakukan sejak kelas X. Apalagi menjelang kelas XII, lebih-lebih untuk semester genap. Mereka dipersiapkan lebih intensif baik dengan pendalaman materi (PM) maupun try out,” ungkap Taufik ketika berbincang dengan Okezone, di GOR Soemantri, Kuningan, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Menurut Yudi, try out tidak kalah penting dengan pendalaman materi. Sebab, beragam try out akan membantu para siswa menyesuaikan diri dengan soal ketika UN, serta memperhitungkan waktu yang dibutuhkan untuk menjawab berbagai soal tersebut.

“Terus-menerus try out agar bisa menyesuaikan dengan sistem ujian, dalam hal ini bentuk soal yang berupa pilihan ganda. Dengan bentuk soal tersebut, kita bicara kecepatan butuh keterampilan untuk mengatur waktu. Try out jadi latihan bagi mereka untuk mengerjakan soal ujian nanti. Sama seperti mau tanding bulu tangkis di indoor latihannya ya harus indoor jangan outdoor. Jadi tidak sesuai,” paparnya.

Terkait kebocoran soal, Taufik optimistis kemungkinan tersebut sangat kecil. Hal itu disebabkan oleh soal yang terdiri 20 tipe soal berbeda.

“Untuk UN besok sangat kecil kemungkinan untuk bocor. Kalaupun bocor belum tentu bocoran tersebut sesuai dengan tipe soal yang diperoleh karena terdapat 20-30 tipe soal berbeda. Tidak mudah untuk mendapatkan bocoran 20 tipe soal itu. Kalaupun dapat, apa bisa dihafal semuanya,” ungkap Taufik.

Maka, kata Taufik, kunci untuk sukses bagi para pelajar dalam UN adalah mempersiapkan diri dengan baik. Apalagi, lanjutnya, kisi-kisi UN dapat diakses secara terbuka oleh para pelajar maupun guru.

“Belajar baik materi maupun dengan latihan soal. Bisa jadi, materi sudah diberikan 100 persen tinggal berikan pengulangan. Dekat ujian harus latihan soal sesuai dengan pola soal yang sama. Kisi-kisi soal pun terbuka dan diketahui umum,” imbuhnya.(kampus.okezone.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published.