Jelang PPDB, Sekolah Tingkatkan Daya Tampung

oleh -3 views
Ilustrasi : Penerimaan siswa baru smp.(republika.co.id)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi : Penerimaan siswa baru smp.(republika.co.id)
Ilustrasi : Penerimaan siswa baru smp.(republika.co.id)

KEINGINAN para orangtua agar anak mereka bersekolah di sekolah negeri membuat Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok merancang program sekolah filial sebagai alternatif agar lebih banyak siswa yang tertampung di sekolah negeri. Sekolah filial dirancang sebagai antisipasi agar siswa di Depok tidak putus sekolah dan meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) pendidikan.

Kepala Disdik Kota Depok, Herry Pansila mengakui, Kota Depok sendiri masih kekurangan SMPN dan SMAN. Karena itu sejumlah sekolah disiapkan untuk menampung lebih banyak siswa dengan konsep filial.

“Sekolah satu atap SD dan SMP banyak mengalami pertumbuhan pesat. Sejumlah sekolah sudah berpengalaman menjalankan konsep sekolah filial, begitu juga dalam hal penerimaan siswa baru. Langkah ini juga mengoptimalkan gedung sekolah,” kata Herry, Sabtu (11/6/2016).

Herry menegaskan, sekolah filial menjadi salah satu strategi meningkatkan APK atau daya tampung siswa dengan sekolah satu atap. Sebagai jaminan, kata dia, siswa dapat melanjutkan ke jenjang berikutnya tanpa tes dan mendukung program 12 tahun wajib belajar.

“APK kasar SMP di Depok baru 76 persen. Daya tampungnya 76 persen. Artinya 24 persen masih bersekolah di luar Depok. Ini salah satu cara pengembangan sekolah satu atap. Lulusan SD naik ke jenjang selanjutnya tanpa tes,” paparnya.

Pihak sekolah dan Pemerintah Kota juga terus melakukan sosialisasi kepada orangtua terkait program tersebut. Salah satu pengaturan manajemen waktu di sekolah berkonsep filial contohnya dengan memanfaatkan sekolah di siang hari untuk siswa SMP saat siswa SD sudah pulang sekolah.

“Sekolah sudah siap menyambut PPDB dan sudah mempunyai pengalaman berbagi,” pungkas Herry.(news.okezone.com)