Jatah Pemda 40 Ribu CPNS dan 25 Ribu PPPK

oleh -1 views
Ilsutrasi
Arrief Ramdhani
Ilsutrasi
Ilsutrasi.okezone.com

KEMENTERIAN  Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) merencanakan tahun ini menerima pegawai aparatur sipil negara (ASN) sebanyak 100 ribu orang.

ASN ini terdiri dari CPNS dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Rinciannya, 65 ribu formasi untuk pemda dan 35 ribu untuk pusat.

“Tahun ini akan kita rekrut 100 ribu pegawai ASN, yaitu PPPK dan PNS,” kata Deputi SDM Aparatur KemenPANRB Setiawan Wangsaatmaja di Jakarta, Jumat (7/3).

Dirinci lagi, untuk 35 ribu untuk pusat itu, CPNS direncanakan 20 ribu orang dan PPPK 15 ribu orang. Sedangkan formasi untuk daerah, 40 ribu orang CPNS dan 25 ribu merupakan PPPK.

Untuk penentuan formasi, terdapat berbagai pertimbangan yang harus diperhatikan. Yaitu analisa jabatan (Anjab) dan analisa beban kerja (ABK), rasio belanja pegawai dan jumlah pegawai saat ini.

“Penentuan formasi juga harus memperhitungkan rasio ASN terhadap jumlah penduduk, luas wilayah, batas usia pensiun, serta rasio jabatan fungsional tertentu (JFT),” terangnya.(jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.