Jabar Belum Punya MAN Insan Cendekia

oleh -0 views

Sekjen Kemenag Nizar mendorong Kanwil Kemenag Jawa Barat untuk segera memiliki madrasah unggulan selevel Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia.

Dorongan ini disampaikan Sekjen Nizar saat membuka gelaran Rapat Kerja Wilayah Kemenag Jawa Barat 2021 yang mengusung tema “Percepatan Transformasi Layanan Publik”.

PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Rakerwil yang digelar secara luring dengan protokol kesehatan ini dihadiri Kepala Kakankemenag se Jabar dan akan berlangsung selama tiga hari di Cirebon, 26-28 April 2021.

“Hingga saat ini, Jawa Barat belum memiliki MAN Insan Cendekia. Hal ini perlu pemikiran kita bersama. Sebab, secara luas wilayah dan jumlah penduduk, madrasah dengan standar MAN IC tidak ada di Jawa Barat,” kata Nizar.

“Ada perubahan yang sangat signifikan dan cepat di ranah MAN IC. Dulu MAN IC Serpong menempati posisi paling puncak, namun sekarang posisi itu sudah digantikan oleh MAN IC Pekalongan. Apalagi dampak dan gaung dari MAN IC ini sangat luar biasa secara nasional,” sambung Sekjen.

Menurut Sekjen, kehadiran MAN IC di Jabar juga sesuai dengan arah kebijakan dan strategi nasional yang menjadi mandat RPJMN 2020-2024 kepada Kementerian Agama. Yakni, meningkatkan SDM berkualitas dan berdaya saing.

Irisan dari program prioritas tersebut, lanjut Sekjen, di antaranya peningkatan pemerataan layanan pendidikan berkualitas, peningkatan kualitas pengajaran dan pembelajaran, serta peningkatan pemerataan akses layanan pendidikan dan percepatan wajib belajar 12 tahun.

Kakanwil Kemenag Jabar Adib dalam laporannya mengatakan kegiatan ini sangat penting guna menindaklanjuti rapat kerja nasional Kemenag dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dalam meningkatkan kinerja di lingkungan Kanwil Kemenag Jabar.

“Selain menyampaikan tujuan dari pelaksanaan program Kemenag Jabar, kegiatan ini juga akan mengevaluasi program dan kinerja tahun 2020 serta menyiapkan rencana kerja peningkatan pelayanan publik,” kata Adib.