ITS Tukar Ilmu Maritim dengan Jepang

oleh -4 views
Foto: dok. ITS
Arrief Ramdhani
Foto: dok. ITS
Foto: dok. ITS

INSTITUT Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali menjalin kerjasama dengan mitra internasional. Kali ini, kerjasama dilakukan dalam bidang kemaritiman dengan menggandeng salah satu kampus Negeri Sakura, yakni National Maritime Research Institute (NMRI).
Ada dua kesepakatan yang tertera dalam kerjasama tersebut, yakni proyek kerjasama dan pertukaran peneliti. “Pihak kampus siap memberikan bantuan fasilitas kepada mahasiswa ITS yang akan melakukan penelitian di NMRI,” ujar Senior Director for International Affairs NMRI Yoshimasa Tamura, seperti disitat dari ITS Online, Sabtu (9/11/2013).

Selain melakukan menandatangani nota kesepahaman, momen itu juga dimanfaatkan Yoshimasa untuk memperkenalkan NMRI kepada peserta yang hadir. Dia menyatakan, kampus yang terletak di Tokyo itu memiliki beberapa fasilitas untuk mendukung penelitian di bidang maritim.

banner 728x90

“Di antaranya, towing tank, actual sea model tank, ice model basin, ocean engineering basin, dan masih banyak lagi,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu peneliti NMRI Takako Kuroda menjelaskan tentang Actual Sea Model Basin. Untuk memperjelas presentasinya, dia menampilkan beberapa video tentang kemampuan alat tersebut untuk membuat gelombang.

Yang menarik, dalam gelombang tersebut gelombang air yang ditampilkan dapat membentuk logo dari NMRI. ”Gelombang ini dapat diatur sehingga bisa juga menyesuaikan dengan keadaan laut yang sebenarnya,” kata Kuroda.

Selain Actual Sea Model Basin, Kuroda juga menjelaskan salah satu penelitiannya tentang Reproduction Test insiden dari kapal RO/RO Ferry Jepang yang terjadi pada 13 November empat tahun silam. Kuroda pun mencoba kembali mengulangi peristiwa tersebut dengan kapal tiruan dan disesuaikan dengan kondisi ombak saat kapal mulai oleng.

”Dengan begitu dapat dianalisis penyebab kapal tersebut lepas kontrol dan akhirnya kandas,” tuturnya.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.