ITS Tuan Rumah Lomba Robot Nasional 2013

oleh -3 views
infolombaterbaru.com
Arrief Ramdhani
infolombaterbaru.com
infolombaterbaru.com

INSTITUT Teknologi Sepuluh November (ITS) menjadi tuan rumah penyelenggaraan kontes robot tingkat nasional. Kontes Robot Tingkat Nasional kali ini akan digelar selama dua hari, yakni 17-18 Mei 2013 di Gedung Pusat Robotika ITS.
Dalam Baronas 2013, ada tiga jenis kategori lomba akan dipertandingkan, yaitu Junior Patrol of Environment untuk SD-SMP, kategori Cleaner Robot untuk SMA/Sederajat, dan Kategori Reforestation Robot untuk Mahasiswa. Ketua Lomba Robot Politeknik Negeri Madiun (PNM) Edwin Agung Sulistyo menjelaskan, lomba ini perwakilan dari tiga mahasiswa dalam satu tim, dibagi dua robot yaitu analog dan otomatis.

“Lomba reforestation robot untuk tingkat mahasiswa, dalam perlombaan ini robot memindahkan dan meletakan item ke tempat yang telah ditentukan dengan menggunakan dua robot sekaligus, yaitu robot manual dan robot otomatis (mikro). Pemenang ditentukan berdasarkan poin dan kecepatan untuk menyelesaikan misi dalam jangka waktu yang telah di tentukan oleh panitia,” katanya kepada Okezone, belum lama ini.

Edwin menambahkan, dalam perlombaan robot menyelesaikan misi utama “penghijauan bumi” menggunakan robot manual mulai dari pemilihan bibit, penebaran benih, hingga penanaman pohon, menggunakan robot otomatis.

“Perlombaannya dengan sistem pemindah barang menanam, nanti memindahkan pohon dari manual, ketika mengambil dilakukan secara otomatisnya untuk ditanam,” ujarnya.

Peserta lomba Baronas 2013 Ahmad Lutfi Syafi’i memaparkan persiapannya, yaitu technical meetingpada 15 Mei dan running test pada 16 Mei 2013.

“Persiapannya nanti di sana 15 Mei langsung technical meeting, untuk pertunjukkannya pada 17 Mei dan 18 Mei (dua hari). Untuk babak penyisihannya Jumat 17 Mei, untuk running test 16 Mei. Hasil pemenang lomba pada 18 Mei, lomba yang diikuti untuk kategori mahasiswa sebanyak 11 kampus dari seluruh Indonesia, yaitu dari ITS, UGM, UNS, ITB, Universitas Haluoleo, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Universitas Sebelas Maret, Politeknik Negeri Ujung Padang, Universitas Brawijaya, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, dan Politeknik Negeri Malang. Dari ketiga kategori yang mengikuti Baronas 2013 kuota peserta 100 tim perwakilan dari masing-masing sekolah/kampus,” ungkapnya.

Adapun untuk kategori mahasiswa, pemenang juara 1 akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp5 juta, juara 2 sebesar Rp3 juta, juara 3 sebesar Rp2 juta, dan pemenang untuk Best Design Rp500 ribu.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.