ITS kampanyekan cinta maritim via “Marine Icon”

oleh -14 views
inderacp.blogspot.com
Arrief Ramdhani
inderacp.blogspot.com
inderacp.blogspot.com

HIMPUNAN Mahasiswa Teknik Sistem Perkapalan (Himasiskal) ITS Surabaya mengampanyekan “Cinta Maritim” lewat berbagai lomba dalam “Marine Icon 2013” di Taman Prestasi, Surabaya pada 9-11 Mei.
“Marine Icon 2013 meliputi Marine Diesel Assembling (lomba bongkar pasang mesin diesel), Water Bike Race Contest (kontes sepeda air), Dragon Boat Race (lomba dayung), Fotografi Kemaritiman, dan Esai Kemaritiman,” kata Sekretaris Jurusan Teknik Sistem Perkapalan (JTSP) Dr I Made Aryana ST MT di Taman Prestasi, Surabaya, Kamis.

Disela pembukaan “Marine Icon 2013” dengan maskot bernama “Cak Piston” itu, ia mengatakan acara ini sebagai ajang untuk menumbuhkan tunas-tunas bangsa yang cinta kepada dunia maritim.

PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Selain itu, katanya, kegiatan itu juga bisa menjadi salah satu wahana untuk mengembangkan “skill”yang dimiliki siswa maupun mahasiswa yang turut bertanding.

“Ini merupakan sebuah pembelajaran sebelum mereka terjun di dunia kerja. Jika masyarakat sudah cinta kepada dunia maritim, maka produksi industri serta pariwisata kemaritiman juga bisa berkembang,” katanya.

Sementara itu, Presiden BEM ITS Zaid Marhi Nugraha mengaku sangat senang dengan adanya acara ini. “Acara ini sangat bagus, karena lomba yang ada sangat sesuai dengan keprofesian di Jurusan Teknik Sistem Perkapalan itu sendiri,” katanya.

Apalagi, antusiasme peserta dan pengunjung juga terlihat sangat bagus. “Itu cerminan bahwa Marine Icon sudah diminati di masyarakat,” katanya.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Marine Icon, Puji Dhian Wijaya, mengatakan Marine Icon tahun lalu hanya ada empat kegiatan, namun tahun ini ada lima kegiatan.

“Tahun sebelumnya tanpa Esai Kemaritiman. Selain itu, tahun ini juga tertunda dari 19 April menjadi 9 Mei, karena Taman Prestasi menjadi salah satu lokasi kunjungan peserta SOM II APEC,” katanya.

Tapi, katanya, penundaan itu justru membawa dampak yang baik pada pelaksanaan Marine Icon, karena panitia dan peserta lebih siap, sehingga peserta yang hadir juga bisa lebih banyak, karena ujian nasional (UN) tingkat SMA sudah terlaksana.

Sementara itu, Ketua Himasiskal, Nanang Suroso, mengatakan Marine Icon 2013 yang mengusung tema “Jaya Maritimku, Jembatan Menuju Indonesia Emas” itu bisa menjadi jembatan untuk mengeksplorasi kekayaan laut yang dimiliki bangsa Indonesia.

“Laut Indonesia masih belum banyak yang di-eksplor, padahal Indonesia memiliki laut yang luas. Apalagi, masih jarang sebuah jurusan di ITS maupun di universitas lain yang mengadakan lomba yang sesuai dengan keprofesian jurusan tersebut,” katanya.(antaranews.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.