ITB Tantang Mahasiswa Ekspresikan Ide Lewat Megatron

oleh -1 views
Logo Institut Teknologi Bandung
Arrief Ramdhani
Logo Institut Teknologi Bandung
Logo Institut Teknologi Bandung

KEMAJUAN teknologi informasi perlu diseimbangkan dengan kreativitas anak muda. Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) menantang mahasiswanya untuk mengeskpresikan kreativitas dengan menyediakan megatron atau videotron sebagai medianya.

Kepala Unit Sumber Informasi ITB Basuki Suhardiman mengatakan mahasiswa ITB ditantang untuk mengubah informasi dari semula menggunakan media kertas menjadi website bahkan megatron. Sejak setahun lalu, kata dia, kampus sudah mulai membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk menayangkan informasi kegiatan Unit Kegiatan mahasiswa
(UKM) atau organisasi mahasiswa dalam megatron.

Namun, sempat ada perbaikan megatron di tahun lalu sehingga tahun ini baru mulai diaktifkan. Dari tantangan ini, kata Basuki ternyata banyak kreativitas yang muncul. Mau tidak mau, kata dia, mahasiswa akan memutar otak untuk bisa menyampaikan informasi secara singkat.

Berbeda dengan informasi yang biasa disajikan melalui website yang umumnya lebih detail dan panjang. Dengan keterbatasan waktu, keterbatasan space yang ada anak muda ini harus bisa mengemas sesuatu dengan menarik. Penayangan informasi melalui megatron ini tidak dipungut biaya.

Menurut dia, ini juga menjadi suatu tantangan baru bagaimana mahasiswa bisa mengemas informasi secara lebih menarik.
“Akan berbeda ketika membuat pengumuman dengan kertas, lalu ke website dan megatron. Kalau kita nonton video biasa, kita bisa memerlukan waktu lima menit, tapi dengan megatron mereka ditantang untuk bisa mengemas informasi hanya dalam 15 detik saja, ini tantangan,” ujar Basuki, saat ditemui baru-baru ini.

Basuki mengatakan zaman terus berkembang sehingga kreativitas anak muda perlu terus diasah melalui berbagai tantangan. Tantangan ini menjadi satu metode yang baik untuk menghasilkan ide-ide cemerlang.

Basuki menceritakan kreativitas di megatron ini berawal dari penayangan company profil ITB. Ternyata, banyak orang yang sengaja berhenyi untuk menyaksikan video tersebut. Darisitulah kemudian muncul ide untuk menantang mahasiswa mengambangkan ide-kreatif.

“Antusiasme tinggi, mereka senang tapi ternyata banyak yang masih bingung bagaimana caranya,” kata dia.(republika.co.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.