ITB Raih Penghargaan Sebagai Kampus Terpintar TIK

oleh -2 views
ITB Raih Penghargaan Sebagai Kampus Terpintar TIK
Arrief Ramdhani
ITB Raih Penghargaan Sebagai Kampus Terpintar TIK
ITB Raih Penghargaan Sebagai Kampus Terpintar TIK

INSTITUT Teknologi Bandung (ITB) meraih peringkat pertama sebagai perguruan tinggi dengan kekuatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terbaik. Penghargaan ini bertajuk Telkom Smart Campus Award (TeSCA) – The ICT’s Smartest Campus 2014 yang diserahkan pada Selasa (17/06/14). Penghargaan yang diberikan setiap tahunnya ini merupakan hasil kerjasama PT Telkom Indonesia dengan Asosiasi Perguruan Tingggi Ilmu Komputer (Aptikom) serta didukung oleh Ditjen DIkti Kemendikbud dan Dewan Teknologi Komunikasi Nasional (Detiknas).
Pada penghargaan tahun 2013 lalu, ITB berada di kedudukan ketiga, di bawah Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gunadarma. Kini ITB berada di peringkat pertama diikuti dengan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Faktor yang dinilai dari penghargaan ini antara lain adalah infrastruktur, aplikasi, sumberdaya manusia, serta komponen kebijakan dalam pemanfaatan TIK. Hal ini menunjukkan bawa semakin tahun, ITB mampu meningkatkan faktor-faktor tersebut di bidang TIK.

Faktor-faktor yang menjadi penilain adalah tingkat konektivitas TIK yang digunakan, kelengkapan materi TIK, standar aplikasi yang digunakan, kualitas literasi dosen dan visual yang menggunakan TIK, kebijakan yang mendukung TIK di kampus, manfaat TIK yang ada untuk masyarakat, partisipasi kampus dalam pendidikan nasional, ketersediaan sharing resource, fasilitas komputer yang memadai untuk penerapan TIK, penggunaan media IT yang ramah lingkungan, serta nilai penggunaan TIK bagi masyarakat di sekitar kampus.

TeSCA 2014 diberikan sebagai pendorong bagi perguruan tinggi di Indonesia, negeri maupun swasta, untuk melakukan peningkatan kualitas melalui pemanfaatan TIK dalam praktik belajar mengajar di kampus. Selain itu, agar TIK juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan daya saing perguruan tinggi serta mengembangkan standar kualitas hingga pada kelas perguruan tinggi tingkat dunia.

Terdapat 406 perguruan tinggi yang berasal dari Jawa, 107 kampus dari Sumatera, 26 kampus dari Sulawesi, 14 kampus dari Kalimantan, 9 kampus dari Bali & Nusa Tenggara serta 6 kampus dari Papua & Kepulauan Maluku yang menjadi peserta dalam meraih penghargaan ini. Penghargaan ini berlangsung di Hotel J.S Luwansa, Kuningan Jakarta Selatan pada Selasa (17/06/14) yang turut memberikan penghargaan lainnya kepada sekolah tinggi, politeknik, maupun akademi.(itb.ac.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.