ITB Menangkan Kontes Indonesia-Netherlands Young Water Talent

oleh -9 views
kampus ITB
Arrief Ramdhani
kampus ITB
kampus ITB

MAHASISWA ITB memenangkan penghargaan Indonesia-Netherlands Young Water Talent pertama. Pemberian penghargaan ini diberikan oleh Menteri Infrastruktur dan Lingkungan Hidup Belanda, Melanie Schultz van Haegen di Jakarta kepada tim pemenang dari ITB.
Mahasiswa ITB ini mengusung konsep inovatif “Desa Terapung Terintergrasi”.  Konsep Desa Terapung Terintegrasi secara khusus ditujukan bagi masyarakat nelayan di Jakarta. Adanya rencana kota untuk memperbaiki struktur pertahanan terhadap banjir yang semakin meluas, membuat komunitas ini harus mencari tempat tinggal yang baru.

Konsep Desa Terapung Terintegrasi tidak hanya menawarkan rumah terapung bagi komunitas nelayan, namun juga sumber-sumber penghasilan tambahan dengan menjadikan desa sebagai  tempat penghasil ikan yang besar, restoran, dan berbagai tempat wisata air lainnya.

Indonesia-Netherlands Water Challenge merupakan kompetisi yang digelar sejak November 2013. Tim dari empat Universitas Yaoyu ITS, UGM, ITB dan UNHAS mengembangkan beberapa ide baru dalam pembangunan berkelanjutan Teluk Jakarta.

Mengambil tema: Ports and Coasts Indonesia: People, Planet & Profit, keempat tim ditantang untuk mengatasi dimensi yang berbeda dalam pembangunan berkelanjutan Teluk Jakarta. Direktur Kantor Pusat Informasi Pendidikan Belanda (Nuffic Neso Indonesia) Mervin Bakker, Direktur Nuffic Neso Indonesia mengatakan Water Challenge membawa dimensi baru dalam mempelajari pengelolaan air.

“Selama bertahun-tahun  Belanda telah menjadi salah satu tempat terbaik di dunia untuk mempelajari isu-isu terkait air. Karena menghubungkan para ahli dalam bidang air Belanda dengan para siswa berbakat Indonesia dan memungkinkan kedua belah pihak untuk saling belajar selama proses berlangsung,” ujat Bakker, melalui siaran pers yang diterima, Jumat (4/4).(republika.co.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.