ITB Boyong 2 Trofi di Kontes Robot Indonesia

oleh -14 views
kampus ITB
Arrief Ramdhani
kampus ITB
kampus ITB

GEGAP gempita Kontes Robot Indonesia (KRI) 2014 telah berakhir. Tetapi euforia kemenangan di berbagai kampus masih hangat terasa. 
Salah satunya, di Institut Teknologi Bandung (ITB). Kampus teknik tertua di Indonesia ini mengirimkan Unit Robotika ITB (URO) dalam gelaran tahunan pegiat robotika Tanah Air itu.

Pada kontes nasional ini, ada 104 tim dari berbagai kampus di Indonesia unjuk kebolehan mengutak-atik robot. Sebagai juara umum di KRI regional II, ITB menurunkan empat tim yaitu tim Parivara di kategori Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), tim Dago Hoogeschool di kategori Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI), tim Viva La Ganesha di kategori Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) divisi Berkaki dan tim Dago Concordia di kategori Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI).

Tidak sia-sia bertandang ke Kota Pelajar, URO berhasil memboyong dua trofi dari kompetisi yang dihelat oleh Universitas Negeri Yogyakarta tersebut. Tahun ini, ITB meraih penghargaan Artistik Terbaik dan Juara Harapan.

Ketua URO, Andini Noviana, menjelaskan, kemenangan ini diraih melalui keberhasilan seluruh tim ITB masuk ke babak delapan besar di setiap kategori lomba. “Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) masih tetap jadi lawan paling tangguh,” kata mahasiswi Teknik Elektro angkatan 2011 ini, seperti disitat dari laman ITB, Kamis (3/7/2014).

Tim Dago Hoogeschool adalah peraih juara harapan untuk kategori KRSBI. Tim ini beranggotakan Primawan Dwi Nugroho (Teknik Elektro 2011), Muhammad Luqman (Teknik Elektro 2011), dan Hannan Prasasta Widyadana (Fisika 2011).

Kemudian, penghargaan Artistik Terbaik untuk kategori KRSI diraih tim Dago Concordia. Tim ini diawaki Yaqub Aris Prabowo (Teknik Elektro 2011), Bima Nugraha Sanusi (Teknik Elektro 2011), dan Sholehhudin Al Ayubi (Fisika 2011).

Andini tidak menampik, selama kontes, tim ITB mengalami berbagai masalah kecil. Namun, ada peningkatan dalam penampilan mereka bila dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Kami sudah berusaha untuk melakukan yang terbaik, tapi sebenarnya hasil untuk tahun ini masih belum maksimal. Insya Allah tahun depan kami akan berjuang agar hasilnya bisa lebih baik lagi,” imbuhnya.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.